Foto: All Free Download

Perencanaan dan Persiapan Nabi saat akan Berhijrah ke Madinah

Nabi memiliki keyakinan besar terhadap Allah tapi bukan berarti Nabi tidak melakukan perencanaan dan persiapan, utamanya ketika akan berhijrah ke Madinah.

Nabi merencanakan perjalanan ini selama hampir dua tahun. Dia telah merencanakan perjalanannya dengan Abu Bakar dengan sangat rinci. Di sini kita melihat beberapa perencanaan yang mereka buat untuk melakukan perjalanan hijrah yang aman dan sukses..

1. Abu Bakar (R) telah menyiapkan dua ekor unta untuk perjalanan ini selama tiga bulan terakhir. Ia juga menyediakan makanan dan air khusus.

2. Rencananya, Nabi dan Abu Bakr akan tinggal selama tiga hari tiga malam di sebuah gua bernama Tsur dan kemudian pergi ke Madinah melalui rute yang jarang dilalui. Gua ini berada di arah yang berlawanan dari rute biasa ke Madinah.

3. Abdullah bin Arkad, seorang non-Muslim dari suku jauh dipekerjakan untuk memimpin perjalanan ini. Dia sangat jujur dan setia.

4. Abdullah bin Abu Bakar, putra bungsu Abu Bakar ditugaskan mengumpulkan berita tentang operasi yang dikirim untuk menangkap Nabi. Abdullah juga bertugas menyampaikannya ke gua untuk perencanaan alternatif.

5. Seorang budak yang dibebaskan oleh Abu Bakar diminta untuk menghapus jejak kaki unta dan manusia dari pasir melalui kawanan domba yang masih ada di dekat gua dan dalam perjalanan. Sehingga musuh tidak bisa melacak kehadiran mereka. []

About Admin 1

Check Also

Enam Pelajaran dari Dokter Hati

Karena saya termasuk makhluk bergerak, maka saya tidak peru menyibukkan hatiku dengan sesuatu yang telah dijamin oleh Dzat yang Maha Kuat dan Kokoh.

you're currently offline