Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Pemerintahan Ideal pada Masa Khulafaur Rasyidin

0

Pada masa Umar, Utsman sebagai perantara antara rakyat dengan Umar. Sebagian masyarakat merasa segan untuk langsung menyampaikan hajat mereka kepada Umar. Mereka pun menitipkan hajat mereka kepada Abdurrahman bin ‘Auf atau Utsman bin Affan untuk disampaikan kepada Umar.

BACA JUGA: Umar Sangat Sibuk, di Mana Aku Bisa Menemuinya?

Peranan Utsman dalam kabinet Umar bisa disamakan dengan peranan Umar dalam kabinet Abu Bakar. Allah menggabungkan ketegasan Umar dengan kelembutan Utsman dalam menjalankan pemerintahan.

Demikian idealnya sebuah pemerintahan, harus ada keseimbanagn karakter antara pemimpin dan penasihatnya.

Utsman banak memberi sumbangan pemikiran kepada Umar, di antaranya untuk melakukan pembukuan harta (baitul maal) dan orang yang mengambilnya. Sebagian riwayat menyebutkan bahwa Utsman adalah yang mengusulkan awal bulan hijriah yaitu bulan Muharam.

BACA JUGA: Sistem Distribusi Zakat Utsman bin Affan

Pada Tahun 23 Hijriah Umar memerintahkan Utsman untuk mengawal para Ummahatul Mukminin menunaikan ibadah haji. Para istri Nabi dibawa diatas tandu-tandu dan Utsman bin Affan berjalan di depan kafilah, menghalangi apabila ada orang yang ingin mendekat. []

Sumber: Serial Khulafa Ar-Rasyidin, Utman bin Affan/Karya: Abu Jannah/Penerbit: Pustaka al-Inabah/2017

Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More