Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Orang yang Pertama Masuk Surga

0

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam adalah manusia pertama yang masuk surga, sedangkan umatnya adalah umat yang pertama di antara umat-umat nabi yang lain yang masuk surga. Di dalam hadis disebutkan bahwa Abu Bakar adalah orang yang masuk surga setelah Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam.

Diriwayatkan dari Anas r.a. bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Saya adalah orang yang pertama mengetuk pintu surga.” (HR Muslim)

Dari anas r.a. bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, mendatangi pintu surga, lalu aku memintanya untuk dibuka.

Malaikat yang bertugas menjaga pintu surga bertanya, “Anda siapa?”

Aku menjawab, “Muhammad.”

Lalu, ia berkata, “Aku diperintah agar tidak membuka pintu surga untuk siapa pun sebelum Anda.'” (HR Muslim)

Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Malaikat Jibril mendatangiku seraya memperlihatkan pintu surga yang akan dimasuki oleh umatku.”

Lalu, Abu Bakar bertanya, “Ya Rasulullah, saya senang jika saya bisa melihat bersamamu.”

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Wahai, Abu Bakar, engkau adalah orang yang pertama masuk surga dari umatku.” (HR Abu Daud)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline