Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Ngeri!!! Ini 7 Nama-nama Neraka dan Tingkatannya

Sebelumnya telah di bahas tentang Mengenal 8 Nama-nama Syurga dan kali ini yang akan dibahas adalah nama-nama neraka beserta dengan tingkatannya.

Neraka adalah tempat yang sangat mengerikan, baik tingkatan yang paling rendah ataupun tingkat yang paling tinggi. Siapapun tidak akan ada yang mau memasukinya. Karena neraka telah digambarkan oleh Allah merupakan seburuk-buruk tempat.

“Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka.” (QS. An-Nisa: 145).

Ayat tersebut menjelaskan bahwa neraka memiliki tingkatan. Tapi tahukah apa saja tingkatan itu? dan diperuntukan untuk siapa neraka tersebut? Simak 7 nama-nama neraka berikut ini:

1) Neraka Hawiyyah

Neraka Hawiyyah ini adalah neraka yang paling bawah (dasar), yang merupakan neraka yang sangat mengerikan. Pintu neraka ini ditempati oleh orang-orang munafik, orang kafir, dan termasuk juga keluarga Fir’aun, dalam neraka Hawiyyah.

Allah subhaanahu wa ta’ala berfirman: “Dan barang siapa yang ringan timbangannya, maka dia dilemparkan ke neraka hawiyah. Tahukah engkau apakah Neraka Hawiyah itu? Yaitu api yang sangat panas.” (Q.S. Al-Qoriah : 8-11).

2) Neraka Jahim

Neraka jahim ini berada di tingkatan ke 6 yaitu di atasnya neraka Hawiyah. Di dalamnya ditempati oleh orang-orang musyrik yang menyekutukan Allah subhaanahu wa ta’ala.

Firman Allah subhaanahu wa ta’ala: “Dan diperlihatkan dengan jelas neraka Jahim kepada orang-orang yang sesat” (QS.Asy-Syu’araa : 91).

3) Neraka Saqar

Neraka saqar ini berada di tingkatan ke 5 yaitu yang terletak di atasnya pintu neraka Jahim. didalamnya ditempati oleh orang -orang yang tidak melaksanakan salat, orang yang berbohong tentang keberadaan Allah, orang yang menyembah selain Allah (berhala, patung) atau menyembah zat yang keluar dari sifat Allah dan Al quran.

Firman Allah subhaanahu wa ta’ala: “Didalam surga mereka saling bertanya dari hal orang berdosa. Apakah sebabnya kamu masuk neraka Saqar? “Karena kami tidak sholat, kami tidak memberi makan orang miskin, kami percaya pada yang bukan-bukan. Kami mendustakan hari kiamat.” (Q.S. Al-Mudatsir : 40-46).

4) Neraka Ladza

Neraka ladza ini berada di tingkatan ke 4 yaitu yang terletak di atasnya pintu neraka saqar. Di dalamnya ditempati oleh Iblis laknatullah beserta orang-orang yang mengikutinya dan orang-orang yang terbujuk rayuannya, dan orang-orang majusi, mereka kekal bersama Iblis di dalamnya.

Firman Allah subhaanahu wa ta’ala: “Sekali-kali tidak dapat, sesungguhnya neraka itu adalah api yang bergejolak.”  (QS. Al-Ma’arij : 15).

5. Neraka Huthamah

Neraka hutamah ini berada di tingkatan ke 3 yaitu yang terletak diatasnya pintu neraka Ladza. Di dalamnya ditempati oleh orang-orang Yahudi dan para pengikutnya.

Firman Allah subhaanahu wa ta’ala: “Dan tahukah kamu, apakah Huthamah itu? (yaitu) api (yang disediakan Allah) yang dinyalakan”. (QS. Al-Humazah : 5-6).

6. Neraka Sa’ir

Neraka Sa’ir ini berada di tingkatan ke 2 yaitu yang terletak diatasnya pintu neraka Hutamah. Didalamnya ditempati oleh orang-orang yang tidak mau mengeluarkan zakat, atau mereka yang mengeluarkan tetapi tidak pada porsinya. Dan orang-orang yang memakan harta anak yatim, mereka akan dimsukkan kedalam neraka Sa’ir.

Firman Allah subhaanahu wa ta’ala: “Bahwasanya orang-orang yang memakan harta anak yatim dengan aniaya, sesungguhnya mereka memakan api sepenuh perutnya, dan nanti mereka akan dimasukkan kedalam neraka Sair.” (Q.S. An-Nisa’ : 10).

7. Neraka Jahannam

Neraka jahannam ini adalah neraka yang paling atas (pertama). Pintu neraka ini ditempati oleh kaum muslimin (umat Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam) yang melakukan dosa besar. Hal ini sebagaimana yang dikatakan oleh Jibril kepadaNabi shalallahu ‘alaihi wa sallam: “Hai Muhammad! pintu neraka jahannam, ini dihuni oleh orang-orang yang melakukan dosa besar dari umatmu, dimana mereka mati sebelum bertaubat.

“Demi mendengar apa yang dikatakan Jibril, Rasulullah pun langsung pingsan. Ketika Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam telah sadar kembali, beliau berkata : “Hai Jibril! sangat besar musibahku. Karena sesungguhnya aku amat takut bila umatku dimasukkan ke dalam neraka!”

Jibril menjawab, “Ya, umatmu yang melakukan dosa besar akan dimasukkan ke dalam neraka! ”

Kemudian Rasulullah menangis, dan Jibril pun ikut menangis. Tiba-tiba mereka berdua mendengar firman Allah subhaanahu wa ta’ala : Hai Jibril, Hai Muhammad! sesungguhnya Aku menjauhkan kalian berdua dari neraka. Tetapi janganlah kamu merasa aman dari siksa-Ku!”

Firman Allah subhaanahu wa ta’ala: “Dan sesungguhnya Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut-pengikut setan) semuanya.” (QS. Al-Hijr : 43).

Naudzubillah, semoga kita semua terjauh dan senantiasa mengejar ridho Allah untuk memasuki surga-Nya. []

Artikel Terkait :

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline