Picture: Pierre Audoin Consultants

Ini Nasab Rasulullah dari Nabi Ibrahim Hingga Kakeknya Abdul Muthalib

 

Sekembalinya ke Mekah, Ibrahim melihat istrinya dan anaknya yang pernah ditinggalkannya. Di sana, ia menyaksikan kehidupan yang jauh lebih bergairah dari sebelumnya. Karena begitu dahsyatnya perubahan lembah tempat ia menempatkan istri dan anaknya, sampai-sampai ia mengira bahwa ia telah tersesat dan salah tujuan.

Sepeninggal kepergian Ibrahim, Ismail tinggal bersama istrinya, Hanfa Binti Al Harks Bin Madhadh Bin Al Jurhumiyah. Beragam bentuk cobaan dan rintangan dalam kehidupan, dihadapi mereka dengan penuh kesabaran dan keberanian. Waktu pun terus berjalan, hingga akhirnya urusan baitullah dilimpahkan kepada keturunan mereka. Adapun keturunan Ismail berjumlah dua belas anak laki-laki dari istrinya, Hanfa Binti Madhadh Al Jurhumiyah yang direstui oleh ayahnya, Ibrahim. Seluruh anak Ismail, menjadi para pemimpin berbagai kabilah. Dari sebagian mereka, hadir sejumlah kabilah Arab. Dari keturunan Ismail juga, nasab Muhammad Saw berasal.

Dua belas anak laki-laki Ismail As adalah :
1. Nabitan

2. Qaidzar

3. Adzbal

4. Mesya

5. Masyi

6. Daman

7. Adzar

8. Thaiman

9. Yathur

10. Nabsy

11. Qadzam

12. Misma’an”.

Nasab Ismail turun kepada Rasulullah Saw. melalui anaknya, Nabitan yang memiliki anak Yasyjab. Yasyjab memiliki anak bernama Ya’rab dan Ya’rab memiliki anak Tairah. Sedangkan Tairah memiliki anak bernama Nahur dan Nahur memiliki anak Mugawwam. Mugawwam sendiri memiliki anak Adad dan Adad memiliki anak bernama Adnan, serta Adnan memiliki anak Ma’add Bin Adnan.

Untuk Ma’add Bin `Adnan, ia memiliki empat orang anak lelaki. Mereka adalah Nazar, Qudha’ah, Qansh dan Iyad. Dari Nazar Bin Ma’add, nasab Rasulullah Saw berasal. Perinciannya sebagai berikut :

Nazar memiliki anak bernama Madhar, Madhar memiliki anak bernama Ilyas, Ilyas memiliki anak bernama Madrakah, Madrakah memiliki anak bernama Khuzaimah, Khuzaimah memiliki anak bernama An Nadhr, An Nadhr memiliki anak bernama Malik, Malik memiliki anak bemama Fahr, Fahr memiliki anak bernama Ghalib, Ghalib memiliki anak bernama Luayy, Luayy memiliki anak bernama Ka’b, Ka’b memiliki anak bernama Murrah, Murrah memiliki anak bernama Kilab, dan Kilab memiliki anak bernama Qushayy.

Qushayy sendiri memiliki empat orang anak. Yaitu Abd Manaf, Abd Ad Dar, Abd Al-Uzza,Abd Qushayy. Lalu Abd Manaf memiliki empat orang anak juga, mereka adalah Hasyim, Abd Syams, Abd Muthalib, dan Naufal. []

Sumber: Sirah Nabawiyah For Kids: Muhammad Sang Teladan/ Abdul Mun’im al-Hasyimi/Mirqat/ 2015

About Erna Iriani

Indonesian Muslimah | Islamic Graduate Student | "Jangan menjadi gila karena cinta kepada seseorang, atau ingin menghancurkan seseorang karena kebencian." (Umar bin Khatab)

Check Also

Nabi Ibrahim Hanya Meninggikan Bangunan Kabah, Bukan Membuat Pondasi

Sebenarnya, yang dilakukan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS adalah meninggikan Ka'bah, karena fondasi Ka'bah telah ada sebelumnya.

you're currently offline