Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Mukjizat-mukjizat Nabi Isa As

0

Allah melebihkan Rasul-rasul-Nya dari manusia yang lain. Begitu juga dengan Nabi Isa, Allah memberikan beberapa mukjizat kepadanya. 

Pada saat Nabi Isa berdakwah, sebagian kaum Bani Israel tidak mempercayai kenabiannya. Mereka meminta Nabi Isa untuk menunjukkan mukjizatnya. Kemudian, Nabi Isa membentuk tanah serupa dengan burung. Tiba-tiba, tanah itu benar-benar menjadi burung yang hidup. Mereka sangat takjub dengan peristiwa itu. Sekalipun kagum dengan peristiwa itu, tetapi mereka hanya menganggapnya sebagai sihir semata. Dalam hati mereka belum tertanam keimanan kepada Allah subhaanahu wa ta’ala.

Pada saat yang lain, Nabi Isa juga menemui seseorang lelaki yang buta sejak lahir.Nabi Isa mengusap mata lelaki buta itu dengan tangan dan sambil berdoa. Dengan izin Allah, lelaki buta itu menjadi sembuh dan mampu melihat. Nabi Isa juga menyembuhkan orang yang memiliki penyakit kusta. Sekalipun telah melihat tanda-tanda kenabian, kaum bani Israil masih menganggapnya sebagai sihir semata.

Bagi kaum Bani Israel, mukjizat-mukjizat Nabi Isa tersebut hanyalah sihir semata. Sedangkan, bagi pengikut Nabi Isa, mukjizat itu semakin menambah iman mereka. Para pemuka Bani Israel merasa terancam kekuasaannya dengan keberadaan Nabi Isa. Mereka melakukan berbagai cara untuk membendung pengaruh ajaran Nabi Isa, termasuk berusaha membunuh Nabi Isa.

Di antara mukjizat nabi Isa yang lainnya sebagai berikut:

  • Lahir tanpa adanya seorang ayah.
  • Dapat berbicara sewaktu masih bayi, untuk menerangkan bahwa ia seorang nabi yang diutus untuk bani Israel.
  • Bisa mengetahui Taurat asli Musa, yang disembunyikan dan telah mengalami banyak perubahan yang dilakukan oleh orang-orang cerdik dari kaum Yahudi.
  • Menghidupkan kembali orang yang telah mati.
  • Diberi kemampuan melihat hal-hal yang ghaib melalui panca inderanya meskipun ia tidak menyaksikannya secara langsung.
  • Menurunkan makanan dari langit karena permintaan Hawariyun.

Demikian mukjizat-mukjizat Nabi Isa As. []

Sumber: Kisah 25 Nabi dan Rasul dilengkapi Kisah Sahabat, Tabiin, Hikmah Islam, Rasulullah, wanita shalihah/ kajian Islam 2

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline