Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Menjauhi Setiap Hal yang Mampu Mendatangkan Murka Allah

0

Umar bin al-Khaththab adalah orang yang selalu menangis lantaran takut kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala hingga engkau melihat pada wajah dua garis hitam saking banyaknya air mata yang menetes. Beliau adalah orang yang sangat takut kepada Allah.

Di samping itu beliau berkata, “Seandainya aja ibuku tidak pernah melahirkanku. Seandainya saja saya adalah sehelai rambut pada jasad Abu Bakar.”

Dia pernah mengatakan, “Seandainya ada yang mengumandangkan bahwa semua manusia masuk surga kecuali satu orang, pastilah saya khawatir kalau satu orang tersebut adalah diriku.” Oleh karena itu ia selalu menjauhi setiap hal yang mampu mendatangkan murka Allah.

Suatu ketika Umar sedang berjalan di malam hari. Tiba-tiba ada seorang perempuan yang memanggil-manggil nama Nashr bin Hajjaj. Dia ingin minum arak dan bertemu Nashr.

Dia berkata, “Apakah ada jalan menuju arak agar saya dapat meminumnya atau apakah ada jalan menuju Nashr bin Hajjaj?” Itu diucapkannya karena merasa tergila-gila terhadap Nashr.

Lalu Umar mengirim surat kepadanya. Ternyata Nashr bin Hajjaj ialah orang yang paling pintar membuat syair dan paling tampan, kemudian Umar memerintahkan agar rambutnya dipendekkan. Dia pun memendekkan rambutnya.

Maka, dia semakin tampan. Lantas Umar memerintahkan agar dia memakai surban. Di pun memakai surban. Maka, surban tersebut menambah ketampanananya dan hiasannya.

Lalu Umar berkata, “Tidak akan tenang bersamaku seorang laki-laki yang dipanggil-panggil oleh perempuan.”

Kemudian Umar memberinya harta yang banyak dan dia mengutusnya ke Bashrah agar dia melakukan perdagangan yang dapat menyibukkan dirinya dari memikirkan perempuan dan menyibukkan perempuan dari dirinya. []

Sumber: Hiburan Orang-orang Shalih, 101 Kisah Segar, Nyata dan Penuh Hikmah/ Penulis: Muhammad Amin al-Jundi/ Penerbit: Pustaka Arafah

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline