Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Meninggalnya Ummu Kultsum

0 40

Ummu Kultsum binti Ali bin Abu Thalib, bani Hasyimiyah saudara kandung Al Hasan dan Al Husain anak-anak dari Fatimah binti Rasulullah.

Dia dilahirkan pada tahun 7 Hijriyah. Dia pernah melihat Rasulullah akan tetapi tidak didapati bahwa beliau pernah meriwayatkan sesuatu dari Rasulullah. (Yang mana didalam kitab Syiar A’lam An-Nubala’ di masukkan dalam urutan generasi Tabi’in yang Pertama, pen.)

Baca juga: Allah Tidak Peduli Lagi kepada Umar dan Putrinya Setelah Ini

Az-Zuhri dan yang lain meriwayatkan bahwa Ummu Kultsum melahirkan anak Umar, yaitu Zaid. Ada juga yang mengatakan bahwa dia melahirkan Ruqayyah.

Ibnu Ishaq berkata, “Umar meninggal, kemudian Aun bin Ja’far bin Abu Thalib menikahinya. Tetapi dia juga meninggal.”

Ibnu Ishaq berkata, “Kemudian ayah Ummu Kultsum (Ali bin Abu Thalib) menikahkannya lagi dengan Muhammad bin Ja’far, lalu meninggal pula, lantas ayahnya menikahkannya lagi dengan Abdullah bin Ja’far dan Ummu Kultsum wafat disisinya.”

Menurut (penulis Kitab Syiar A’lam An Nubala’) tidak seorang pun dari ketiga saudara itu yang memperoleh anak dari Ummu Kultsum.

Ada yang mengatakan bahwa pada suatu malam terjadi keributan. Lalu Zaid anak Ummu Kultsum berusaha melindunginya hingga ibunya terkena batu dan meninggal. Peristiwa itu terjadi pada awal-awal pemerintahan Mu’awiyah. []

Sumber: Ringkasan Syiar A’lam An-Nubala’/ Penulis: Imam Adz-Dzahabi/ Penerbit: Pustaka Azzam

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline