Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Mengenal Sosok Abu al-Qasim Khalaf Ibn al-Abbas al-Zahrawi

65

Sosok Abu al-Qasim Khalaf Ibn al-Abbas Al-Zahrawi baru terungkap setelah ilmuwan Andalusia Abu Muhammad bin Hazm (993M-1064M) menjadikannya sebagai salah seorang dokter bedah terkemuka di Spanyol.

Sejarah hidupnya baru muncul dalam Al-Humaydi’s Jadhwat al Muqtabis yang baru rampung setelah enam dasa warsa kematiannya.

BACA JUGA: Biografi Singkat Ibnu Sina

Ia dilahirkan pada 936 M di kota al-Zahra, berjarak 9,6 km dari Cordoba, Spanyol. Al-Zahrawi merupakan keturunan Arab Ansar (Ansar Madinatul Munawwarah) yang berhijrah ke Andalusia dan menetap di Spanyol.

Di kota Cordoba itulah dia menimba ilmu, mengajarkan ilmu kedokteran, mengobati masyarakat , serta mengembangkan ilmu bedah bahkan hingga ia tutup usia.

Abu al-Qasim mendedikasikan separuh abad masa hidupnya untuk praktik dan mengajarkan ilmu kedokteran. Sebagai seorang dokter termasyhur, Al-Zahrawi pun diangkat menjadi dokter istana pada era kekhalifahan Al-Hakam II di Andalusia.

Kejeniusannya diakui oleh para dokter di zamannya terutama di bidang bedah. Jasanya dalam mengembangkan ilmu kedokteran sungguh sangat besar.

BACA JUGA: Biografi Singkat Muhammad Al-Fatih Sang Penakluk Konstantinopel

Al-Zahrawi meninggalkan sebuah karya yang sangat luar biasa dan fenomenal bagi ilmu kedokteran, yakni kitab at-Tasrif li man ‘ajiza ‘an al-Ta’lif (Medical Vademecum atau Buku Pedoman Kedokteran, sebuah ensiklopedia kedokteran).

Kitab tersebut kemudian dijadikan materi sekolah kedokteran di Eropa itu terdiri dari 30 volume.

Di Barat Al-Zahrawi dikenal sebagai Albucasis. Karya dan hasil pemikirannya banyak diadopsi para dokter di dunia Barat. Menurut Dr. Campbell dalam History of Arab Medicine mengatakan, “Prinsip-prinsip ilmu kedokteran yang diajarkan az-Zahrawi menjadi kurikulum pendidikan kedokteran di Eropa”. []

Artikel Terkait :

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More