Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Mengapa Allah Tidak Menolong Tuan dari Kerumunan Lalat?

0

Ibrahim Al-Khawwas termasuk Ulama Salaf dan masyhur tingkat kewaliannya. Beliau wafat sekitar tahun 291 H, berdasarkan catatan Ibnu Qayyim al-Jawjizah dalam kitabnya ats-Tsiyâb ‘inda al-Mamât. Beliau juga menuturkan bahwa beliau wafat terjatuh di dalam bak wudlu, karena kebiasaannya yang selalu berwudlu meskipun ketika beliau dalam sakit yang sangat.

Pernah terjadi suatu kisah sebelum beliau wafat, beliau menceritakan, suatu ketika aku pernah berada disebuah pegunungan, lalu aku melihat buah jeruk yang menarik syahwatku untuk memakannya. Aku memetiknya satu, kemudian aku memakannya. Ternyata rasanya kecut dan aku pun memuntahkannya, serta meninggalkan buah jeruk tersebut.

Kemudian aku bertemu dengan seseorang yang terlihat kumuh banyak lalat mengerumuninya. Aku ucapkan kepadanya “Assalamu’alaika.”

Dan ia pun menjawab salam-ku “Wa ‘alaika as-salam, ya Ibrahiim.”

Aku katakan kepadanya “Dari mana engkau tau namaku?”

Orang tersebut menjawab “Bagi ‘arif bilLâh tidak ada yang samar, sesuatu pun.”

Aku kembali bertanya kepadanya “Tuan seseorang yang ‘arif bilLah, sekarang aku bertanya kepada tuan. Kenapa Allah tidak menolong tuan dari lalat lalat yang mengerumuni tuan?”

Orang tersebut menjawab “Tuan seseorang yang ‘arif bilLah, tapi kenapa Allah tidak menolong tuan dari syahwat memakan jeruk, pada hal syahwat memakan jeruk bahayanya sampai di akhirat nanti, sedangkan dikerumuni lalat bahayanya hanya di dunia, bahayanya jeruk terikat pada syahwat dan bahayanya syahwat terikat pada hati.” []

Baca juga: Kisah Pemuda Saleh dari Utsman bin Affan

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline