Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Masuk Islamnya Thufail bin Amr Ad-Dausi

0

Para sahabat Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam, ketika hendak memeluk Islam, Jalan yang ditempuh untuk masuk Islam itu melalui berbagai cara. Ada yang melalui Rasulullah ada juga yang melalui sahabat lainnya. Salah satunya adalah Thufail. Thufail ini awalnya tidak diperkenankan bertemu Rasulullah oleh para kaum Quraisy, tetapi siapa sangka, bahwa Allah yang akan menunjukkan jalan Thufail mengenal Islam.

Thufail bin Amr ad-Dausi, adalah seorang bangsawan yang mulia dan bijaksana sekaligus penyair cendekiawan dari bani Daus di Yaman. Ketika ia datang ke Mekah, segera saja orang-orang Quraisy menemuinya dan memperingatkannya tentang Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam, dari kata-kata beliau yang mempesonakan, yang dianggapnya sebagai sihir yang hendak memecah-belah seseorang dengan keluarganya. Memisahkan seorang ayah dari anaknya, seorang istri dari suaminya, bahkan dirinya sendiri dari kaumnya. Mereka menyarankan agar Thufail tidak berbicara dan mendengarkan ucapan Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam. Mereka khawatir kalau peristiwa yang terjadi di Mekah itu akan menimpa Bani Daus, kaumnya Thufail.

Orang-orang Quraisy begitu gencar mengingatkannya sehingga ia menetapkan diri untuk tidak menemui Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam. Tetapi ternyata takdir menentukan nasibnya, suatu hari Thufail pergi ke Ka’bah, dan pada saat yang sama, Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam sedang berada di sana. Tanpa sengaja ia mendengarkan kata-kata Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam, dan itu amat berkesan di hatinya.

Read More

Inilah Alasan Rasulullah Memberinya Perlindungan

Hati kecilnya terusik, “Bagaimanapun aku seorang cendekiawan dan penyair, aku dapat mengenal mana yang baik dan mana pula yang buruk. Apa salahnya kalau aku mendengarkan sendiri apa yang akan dikatakan orang itu! Jika ternyata baik akan kuterima, kalau buruk akan kutinggalkan.”

Ia mengikuti Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam sampai ke rumah beliau dan bertamu, kemudian menceritakan tentang apa dikatakan kaum Quraisy kepadanya dan apa yang terlintas dalam hatinya itu. Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam memaklumi sikap orang-orang Quraisy tersebut, dan menjelaskan tentang risalah Islam kepadanya. Beliau juga membacakan beberapa ayat-ayat Quran. Akal sehatnya tidak bisa lagi tertutup dari kebenaran, Thufail langsung memeluk Islam saat itu juga.

Thufail adalah seorang tokoh yang ditaati oleh kaumnya, Bani Daus, ia meminta ijin Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam untuk mendakwahkan Islam kepada kaumnya, dan beliau menyetujuinya. Ia juga meminta Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam mendoakannya agar Allah subhaanahu wa ta’ala memberikan suatu tanda sebagai penolong dalam usaha dakwahnya, dan beliau juga mendoakannya. []

Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More