Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Masa Vakum Wahyu pada Nabi, Berapa Lama?

0

Menurut Sa’ad ibn Abbas terdapat informasi bahwa wahyu yang datang kepada Nabi Muhammad SAW hanya vakum beberapa hari. Adapun riwayat yang menyebut vakum selam beberapa tahun, ini sama sekali tidak benar.

BACA  JUGA: Tatkala Wahyu Telah Sempurna, Apakah Agama Akan Berkurang?

Pada masa vakum tersebut Rasulullah SAW dirundung kesedihan yang mendalam dan diselimuti oleh kebingungan dan kepanikan.

Dalam kitab ‘At-Tabir”, Imam Bukhari meriwayatkan naskah sebagai berikut:

“Berdasarkan informasi yang sampai kepada kami, wahyu pun mengalami masa vakum sehingga Nabi SAW sedih dan berualang kali berlalri kencang agar terjerembab pada puncak gunung, namun setiap beliau mencapai puncak gunung untuk mencapakan dirinya, malaikat Jibril menampakkan wujudnya seraya berkata, ‘Wahai Muhammad! Sesungguhnya adalah benar-benar utusan Allah!’ spirit ini dapat menenangkan kembali jiwa Rasulullah SAW.

BACA JUGA: Beberapa Cara Nabi Menerima Wahyu dari Allah

“Namun manakala masa vakum itu masih berlanjut Rasulullah SAW pun mengulang tindakannya sebagaimana sebelumnya, dan ketika dia mencapai puncak gunung, malaikat Jibril kembali menampakkan wujudnya dan berkata kepadanya seperti sebelumnya.” []

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline