Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Manusia yang Paling Baik Paras dan Ahlaknya (1)

0

 

Rasulullah SAW adalah sebaik-baiknya manusia dalam kejadian dan budi pekertinya. Beliau lebih suka memberikan petunjuk kepada jalan yang benar.

Akhlaknya mengikuti petunjuk Al-Quran, tabiatnya pengampun, suka menuturkan nasihat kepada manusia, dan lapang dalam berbuat kebajikan.

BACA JUGA: Rasulullah: Aku Seorang Nabi, Tidak Dusta

Memaafkan kesalahan yang menjadi haknya. Apabila dilanggar, maka tak ada seorang pun yang berani berdiri, karena kemarahannya.

Siapa saja yang melihat sepintas lalu kepadanya, timbul rasa gembira bercampur ketakutan karena kewibawaannya. Apabila mendapat undangan dari orang miskin, tentu beliau kabulkan.

Rasulullah tetap berkata benar, sekali pun merasakan pahit. Beliau tidak pernah menyimpan tipu muslihat dan berbuat yang membahayakan umat Islam.

Related Posts

Siapa saja yang melihat raut wajahnya, maka akan terlihatlah bahwa beliau bukanlah pendusta, tercela, dan pencela. Apabila gembira wajahnya bagaikan bulan.

Apabila berbincang-bincang dengan manusia, seolah-olah dari pembicaraan beliau itu, mereka memetik buah yang manis.

Apabila tersenyum, senyumnya bagaikan air embun yang menyejukkan. Apabila bertutur kata, tuturannya bagaikan untaian mutiara.

Apabila berbicara seolah-olah minyak kasturi keluar dari mulutnya. Apabila melintasi sebuah jalan, dapatlah diketahui dari bau semerbaknya bahwa beliau baru saja melintasinya.

BACA JUGA: Ini Julukan-julukan yang Diberikan kepada Sahabat Nabi

Apabila duduk dalam satu majelis, tertinggal pulalah bau semerbaknya sampai beberapa hari. Sekalipun beliau sudah tidak ada di situ. Beliau senantiasa semerbak, sekalipun tidak berminyak wangi. []

BERSAMBUNG

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline