Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Malaikat Jibril Mengajari Rasulullah Dzikir, Hingga Sampailah kepada Fatimah

0

Pada suatu hari, Ali bin Abi Thalib pergi menemui istrinya, Fatimah Az-Zahra. Ali memberitahukan bahwa Rasulullah saw., ayah Fatimah, telah pulang dari peperangan dengan membawa harta ghanimah dan tawanan. la juga memohon pada Fatimah meminta tawanan yang dibawa Rasulullah untuk membantu mereka.

“Wahai istriku, aku lelah melakukan pekerjaanku sehari-hari. Bagaimana kalau engkau meminta salah seorang dari tawanan tersebut untuk menjadi pelayan. Bukankah engkau juga sangat berat bekerja sendirian?” pinta Ali.

BACA JUGA: Kisah Singkat Hasan bin Ali bin Abi Thalib

Mendengar permintaan suaminya, Fatimah yang saat itu sedang menggiling gandum tersenyum. la pun meninggalkan pekerjaannya dan pergi ke rumah ayahnya, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam.

Ketika tiba di rumah ayahnya, Fatimah langsung disambut dengan senyuman dan pertanyaan dari Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam.

“Hai anakku, ada apa?” tanya Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam.

“Aku hanya ingin menyampaikan salam atas dirimu ayah,” jawab Fatimah.

Karena malu untuk menyampaikan maksud kedatangannya, Fatimah kemudian balik ke rumah. Sesampainya di rumah, Fatimah bercerita pada suaminya, Ali bin Abi Thalib bahwa dirinya tidak jadi menyampaikan keinginannya tersebut.

Mendengar perkataan istrinya, Ali tersenyum dan mengajak istrinya kembali ke rumah Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam. Tiba di rumah Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam, Fatimah bersama Ali menceritakan maksud kedatangannya. Namun, semuanya tidak sesuai dugaan, ternyata Rasulullah menolak permintaan mereka.

“Demi Allah, aku tidak akan mengabulkan permintaan kalian.”

Mendengar jawaban Rasulullah, mereka pun pergi dengan wajah yang terlihat sedih. Setelah kepergian anak dan menantunya, Rasulullah merasa tidak tega atas apa yang dilakukannya. la pun pergi ke rumah Fatimah.Ketika tiba di rumah Fatimah, Rasulullah berjalan mendekati pintu rumah Fatimah dan berkata, “Maukah engkau aku beritahukan sesuatu yang lebih baik daripada yang kalian minta?”

“Tentu ayah,” jawab Fatimah dan Ali dengan wajah yang terlihat gembira.

BACA JUGA: Wahai Keponakanku, Apakah Engkau Pernah Melihat Rasulullah?

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam pun berkata lagi, “Malaikat Jibril telah mengajarkan dua perkara kepadaku. Pertama, membaca dzikir tasbih (subhanallah) 10 kali, tahmid (alhamdulillah) 10 kali, dan takbir (Allah Akbar) 10 kali tiap selesai shalat. Kemudian yang kedua, jika kamu beranjak tidur bacalah masing-masing 33 kali. []

Sumber: 65 Cerita Teladan/ Penulis: Sakha Aqila Mustofa/ Penerbit: PT. Wahyu Media/ 2008

Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More