Picture: VectorStock

Luruskan Setiap Kebengkokanku

Suatu hari, ‘Umar berdiri menyampaikan khutbah. Di dalam khutbahnya ‘Umar berkata, “Wahai manusia, siapa pun di antara kalian yang melihat kebengkokan dalam diriku (dalam hal karakter, keputusan, dan sikap), maka biarkan dia meluruskan kebengkokan itu.”

Seseorang dari majelisnya berteriak, “Demi Allah, seandainya kami melihat kebengkokan itu ada padamu, kami akan meluruskannya dengan pedang kami.”

Umar kemudian berkata, “Segala puji hanya milik Allah, Yang telah menempatkan di negeri ini seseorang yang akan meluruskan kebengkokan Umar dengan pedangnya.”

Itulah sifat Umar. Ketakutannya kepada Allah menjadikan ia seorang pemimpin yang bijaksana. Bahkan ia meminta rakyatnya meluruskan kebengkokan yang ia lakukan. Ia takut akan hari pembalasan karena semuanya akan dimintai pertanggung jawaban termasuk kepemimpinannya, sehingga ia tak ingin setiap rakyatnya kelak menuntutnya di hadapan Allah Swt.

Sumber: The Golden Story of Umar bin Khaththab/ penulis: DR. Ahmad Hatta, MA/ Penerbit: Maghfirah Pustaka/ April 2014

About Erna Iriani

Indonesian Muslimah | Islamic Graduate Student | "Jangan menjadi gila karena cinta kepada seseorang, atau ingin menghancurkan seseorang karena kebencian." (Umar bin Khatab)

Check Also

Saya Saudara Jauh Muawiyyah

Ada seorang lelaki tak dikenal ingin datang menjumpai Muawiyyah. Di depan rumah, ia berjumpa pertama kali dengan penjaga gerbang.

you're currently offline