Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Lima Hadis yang Menyebutkan Tanda Kemunculan Imam Mahdi

Kemunculan Imam Mahdi akan di dahului oleh beberapa tanda-tanda sebagaimana yang disebutkan dalam beberapa hadis berikut:

1. Pada suatu hari tubuh Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bergetar dalam tidurnya.

Lalu kami bertanya, `Mengapa engkau melakukan sesuatu yang belum pernah engkau lakukan wahai Rasulullah?’

BACA JUGA: Nasihat Shalih al-Marri untuk Al-Mahdi

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Akan terjadi suatu keanehan, yaitu bahwa sekelompok orang dari umatku akan berangkat menuju baitullah (Ka’bah) untuk memburu seorang laki-laki Quraisy yang pergi mengungsi ke Ka’bah. Sehingga apabila orang-orang tersebut telah sampai ke padang pasir, maka mereka ditelan bumi.’

Kemudian kami bertanya, `Bukankah di jalan padang pasir itu terdapat bermacam-macam orang?’

Beliau menjawab, ‘Benar, di antara mereka yang ditelan bumi tersebut ada yang sengaja pergi untuk berperang, dan ada pula yang dipaksa untuk berperang, serta ada pula orang yang sedang berada dalam suatu perjalanan, akan tetapi mereka binasa dalam satu waktu dan tempat yang sama. Sedangkan mereka berasal dari arah (niat) yang berbeda-beda. Kemudian Allah Swt. akan membangkitkan mereka pada hari berbangkit, menurut niat mereka masing-masing.’ (HR. Bukhary, Muslim)

2. Seorang laki-laki akan datang ke Baitullah (Ka’bah), maka diutuslah suatu utusan (oleh penguasa) untuk mengejamya. Dan ketika mereka telah sampai di suatu gurun pasir, maka mereka terbenam ditelan bumi. (Hr. Muslim)

3. Suatu kaum yang mempunyai jumlah dan kekuatan yang tidak berarti akan kembali ke Baitullah. Lalu diutuslah (oleh penguasa) sekelompok tentara untuk mengejar mereka, sehingga apabila mereka telah sampai pada suatu padang pasir, maka mereka ditelan bumi. (Hr. Muslim)

4. Sungguh, Baitullah ini akan diserang oleh suatu pasukan, sehingga apabila pasukan tersebut telah sampai pada sebuah padang pasir, maka bagian tengah pasukan itu ditelan bumi. Maka berteriaklah pasukan bagian depan kepada pasukan bagian belakang, dimana kemudian semua mereka ditenggelamkan bumi dan tidak ada yang tersisa, kecuali seseorang yang selamat, yang akan mengabarkan tentang kejadian yang menimpa mereka. (Hr. Muslim, Ahmad, Nasai, dan Ibnu Majah)

5. Hadis Nabi dari Ibnu Mas’ud ra, ia mengatakan, “Tatkala kami berada di sisi Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam, tiba-tiba datang sekelompok pemuda dari Bani Hasyim. Ketika Nabi melihat mereka, kedua mata beliau berlinang air mata dan berubahlah roman mukanya.

BACA JUGA: Saat Nabi Meminta Ibnu Mas’ud Bacakan Al-Quran

Maka aku katakan: ‘Kami masih tetap melihat pada wajahmu sesuatu yang tidak kami sukai.’

Lalu beliau menjawab: `Kami ahlul bait. Allah telah pilihkan akhirat untuk kami daripada dunia. Dan sesungguhnya sepeninggalku, keluargaku akan menemui bencana-bencana dan pengusiran. Hingga datang sebuah kaum dari arah timur, bersama mereka ada bendera berwarna hitam. Mereka meminta kebaikan namun mereka tidak diberi, lalu mereka memerangi dan mendapat pertolongan sehingga mereka diberi apa yang mereka minta, tetapi mereka tidak menerimanya. Hingga mereka menyerahkan kepemimpinan kepada seseorang dari keluargaku. Lalu ia memenuhi bumi ini dengan keadilan sebagaimana orang-orang memenuhinya dengan kezhaliman. Barangsiapa di antara kalian mendapatinya maka datangilah mereka, walaupun dengan merangkak di atas es’.” (Hr. Ibnu Majah ) []

Sumber: buku Ilmu Kalam Kelas XI MA/Kementerian Agama Republik Indonesia/2015

Artikel Terkait :

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More