Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Kisah Nabi Sulaiman, Raja yang Memilih Kelaparan?

0

Diriwayatkan, bahwasanya Nabi Sulaiman as. adalah seorang Raja yang menguasai kerajaan besar. Beliau dapat berbicara dengan jin, angin, binatang dan lain-lain. Bahkan pasukan kerajaannya pun tidak hanya dari kalangan manusia saja tapi juga dari bangsa jin dan binatang.

Namun, di balik kehebatan mukjizatnya itu, Nabi Sulaiman as. tidak pernah sekali pun melihat ke arah langit karena sangking khusyu’ dan tawadhu’nya kepada Allah swt.

Saat rakyatnya dihidangkan dengan makanan yang paling lezat, Nabi Sulaiman as. lebih memilih roti kasar yang kering.

Ada seseorang bertanya, “Wahai Raja, mengapa engkau lebih memilih kelaparan dan mengkonsumsi makanan yang paling tidak lezat?”

Nabi Sulaiman as. menjawab, “Aku khawatir jika aku merasa kenyang, maka aku akan melupakan rakyatku yang kelaparan.”

Kisah di atas menggambarkan sedikit kehebatan kerajaan Nabi Sulaiman as. dan kerendahan hatinya serta kepeduliannya terhadap nasib rakyatnya. Walaupun sebagai seorang Raja yang menguasai makhluk-makhluk Allah swt. di bumi, namun Nabi Sulaiman as. tetap sadar bahwa semuanya adalah karunia yang diberikan oleh-Nya. Bahkan kerajaannya tidak akan pernah tertandingi oleh Raja manapun sebagaimana doanya dalam salah satu firman Allah swt.

“Ya Rabb, anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak akan dimiliki oleh seorang pun setelahku.” (QS. Shad : 35) []

Baca juga: Tiga Harapan yang Terkandung dalam Doa Nabi Sulaiman

Sumber: Kitab Irsyadul Ibad

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline