Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Khalifah Al-Makmun dan Mukjizat Nabi Palsu

0

Seseorang yang mengaku dirinya Nabi menghadap khalifah Al-Makmun. Beliau bertanya kepada orang itu, ”Apakah benar kamu seorang nabi?”

Dengan percaya dirinya nabi palsu itu menjawab, ”Ya.”

Karena Kkhalifah bukanlah anak kemarin sore, sehingga ia pun mencoba menggali lebih dalam lagi tentang kebenarannya. Meskipun sebenarnya ia sedikit pun tidak mempercayainya, maka ia pun bertanya, ”Apa mukjizatmu?”

BACA JUGA: Cuti Shalat Ashar dari Nabi Palsu

”Apa saja yang Anda suka,” entah apa yang ada dipikiran nabi palsu itu dengan mengucapkan perkataan demikian. Seolah ia mampu menjamin semua yang diinginkan Khalifah mampu ia penuhi.

Khalifah kembali mengujinya dengan permintaan yang agak sedikit nyeleneh, ”Tumbuhkan buah semangka dari tanah.”

“Baiklah berikan aku waktu tiga hari,” lagi-lagi nabi palsu itu dengan kepercayaan dirinya berusaha meyakinkan Khalifah agar mempercayainya, bahwa ia adalah seorang nabi utusan Allah.

Namun, Khalifah menantangnya dengan sedikit mengejek, ”Tidak, aku menghendaki sekarang juga.”

Dan nabi palsu itupun kembali berusaha meyakinkan, tapi kali in ijustru mengundang tawa sang Khalifah, ”Anda harus adil, bukankah Allah menumbuhkannya dalam waktu tiga bulan. Apakah anda tidak mau menerima dalam waktu tiga hari?”

BACA JUGA: Ternyata Datangnya Nabi Palsu dari Yamamah Sudah Diketahui oleh Nabi

Mendengar hal itu, khalifah Al-Makmun tertawa terbahak-bahak,dan menganggap orang itu hanya akal-akalan semata (bercanda). Kemudian beliau memaafkan dan menyantuninya serta berpesan padanya agar tidak melanjutkan gurauan dan mengaku-aku sebagai nabi. []

Sumber: Hikmah dalam Humor, kisah dan pepatah/Karya: Abdul Aziz Salim Basyrahil

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline