Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Keutamaan Zaid Dalam Ilmu Pengetahuan

0 1

Dari Yahya bin Hibban, dia berkata, “Tokoh terkemuka di Madinah pada masanya dan yang sangat  dihormati dalam bidang fatwa adalah Said bin AlMusayyib. Ada yang menyebutkan bahwa dia adalah imam para ulama fikih.”

Qatadah berkata, “Aku belum pernah melihat seseorang yang lebih tahu tentang hukum halal dan haram dari Said bin Al-Musayyib.”

Dari Hisyam bin Sa’ad, dia berkata, “Aku pernah mendengar Az-Zuhri berkata ketika ada seseorang bertanya kepadanya, “Dari mana Said bin Al Musayyib menimba ilmu?”

Az-Zuhri menjawab, “Dari Zaid bin Tsabit, dia juga pernah berguru pada Sa’ad bin Abi Waqqash, Ibnu Abbas dan Ibnu Umar. Disamping itu, dia juga berguru pada isteri-isteri Rasulullah, seperti Sayyidah Aisyah dan Ummu Salamah Radhiyallahu Anhuma. Selain itu, dia juga pernah berguru pada Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, Shuhaib, Muhammad bin Maslamah. Dan, banyak meriwayatkan hadits dari Abu Hurairah yang merupakan mertuanya.

“Said juga mendengar hadits dari para sahabat Umar bin Al-Khathab dan juga para sahabat Utsman bin Affan radhiyallahu ‘anhuma Dia pernah disebut sebagai orang yang paling tahu tentang apa yang pernah diputuskan Umar bin Al-Khathab dan Utsman bin Affan dalam pengadilan .”

Abbas Ad-Duri berkata, “Aku pernah mendengar Yahya bin Ma’qil berkata, “Hadits-hadits Mursal dari Said bin Al-Musayyib lebih aku senangi daripada hadits-hadits mursal dari Al-Hasan. Dan, hadits-hadits mursal Ibrahim banyak yang shahih kecuali sebuah hadits tentang perniagaan dan tertawa dalam shalat.”

Abu Thalib berkata, “Aku pernah bertanya kepada Imam Ahmad bin Hambal, “Siapakah Said bin Al-Musayib?”

Dia menjawab, “Siapa yang menandingi Said bin Al-Musayyib? dia adalah orang yang dapat dipercaya dan termasuk orang yang saleh.”

Aku bertanya lagi, “Apakah riwayat Said dari Umar bin Al-Khathab dapat dijadikan hujjah?”

Related Posts

Dia menjawab, “Dia adalah hujjah bagi kita, dia pernah melihat Umar bin Al-Khathab dan banyak mendengar hadits darinya. Kalaulah riwayat Said dari Umar bin Al-Khathab tidak diterima, siapa lagi yang dapat diterima?”

Dari Malik, dia berkata, “Sesungguhnya Al-Qasim bin Muhammad pernah ditanya seseorang tentang suatu permasalahan, lalu dia berkata, “Apakah Anda telah bertanya kepada seseorang selain aku?”

Orang itu menjawab, “Ya, sudah, aku bertanya kepada Urwah dan Said bin Al Musayyib.”

Lalu dia berkata, “Ikutilah pendapat Said bin Al-Musayyib karena dialah guru dan pembesar kami.”

Malik berkata, “Said bin Al-Musayyib pernah ditanya tentang riwayat Umar bin Al-Khathab, karena dia adalah orang yang sering menyimak keputusan-keputusan Umar bin Al-Khathab radhiyallahu ‘anhu dan mempelajarinya. Jika Ibnu Umar datang kepadanya tentu akan bertanya tentang keputusan-keputusan bapaknya Umar bin Al-Khathab.”

Dari Abu Ali bin Husain, dia berkata, “Said bin Al-Musayyib adalah orang yang paling luas wawasan kelimuannya tentang hadits-hadits dan perkataan para sahabat disamping dia juga orang yang paling mumpuni pendapatnya.”

Dari Abdurrahman bin Abi Zinad dari ayahnya, dia berkata, “Ada tujuh orang di Madinah yang merupakan sandaran fatwa bagi khalayak umum, mereka adalah; Said bin Al-Musayyib, Abu Bakar bin Abdirrahman bin Al Harits bin Hisya, Urwah bin Az-Zubair, Abdullah bin Abdullah bin Utbah, Al-Qasim bin Muhammad, Kharijah bin Zaid dan Sulaiman bin Yasar.

Ada di antara kaum cendikia yang membuatkan bait syairnya tentang mereka,

“Ingatlah semua yang tidak mengikuti para imam,
mereka akan tersesat dan keluar dari kebenaran.
Mintalah pendapat dan fatwa kepada mereka; Ubaidillah, Urwah (bin Az-Zubair), Al-Qasim (bin Muhammad),
Said (bin Al-Musayyib), Sulaiman (bin Yasar) dan Abu Bakar (bin Abdirrahman) serta Kharijah (bin Zaid).”

Sumber: 60 Biografi Ulama Salaf/ Penulis: Syaikh Ahmad Farid/ Penerbit: Darul Haq

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline