Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Keutamaan Kota Madinah

0 8

Madinah al-Munawwarah merupakan kota utama di Saudi Arabia dan kota yang ramai diziarahi atau dikunjungi oleh kaum muslimin di dunia. Di sana terdapat salah satu ikon muslim yang memiliki keutamaan, Masjid Nabawi.

BACA JUGA: Sejarah Kota Madinah

Oleh kaum Muslimin, kota satu ini menjadi kota suci kedua setelah Makkah al-Mukarramah. Pusat peradaban Islam pertama dalam era Islam satu ini adalah tempat inti dakwah Rasulullah saw kepada seluruh dunia. Berawal dari kota ini tersebarlah Islam bersinar ke penjuru dunia.

Mengenai keutamaan kota ini, Rasulullah mengungkapkan sendiri. Sebagaimana diterima oleh Jabir ra. “Satu kali shalat di masjidku ini, lebih besar pahalanya daripada seribu kali shalat di masjid lain, kecuali Masjidil Haram, dan satu kali di Masjidil Haram lebih utama daripada seratus ribu kali shalat di amsjid lainnya. (HR. Ahmad, bersanad Shahih)

Di lain sabdanya diungkapkan. Diterima oleh Anas bin Malik ra, bahwa Rasulullah saw bersabda,

Barang siapa melakukan shalat di masjidku sebanyak empat puluh kali tanpa luput satu kali shalat pun, maka akan dicatat kebebasannya dari neraka, kebebasan dari siksaan, dan terhindarlah ia dari kemunafikan.” (HR. Ahmad dan Thabrani, shahih)

Dari Sa’id bin Musayyab, yang diterima dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah saw bersabda,

Tidak perlu disiapkan kendaraan, kecuali buat mengunjungi tiga buah masjid; masjid al-Haram, masjidku ini (Masjid Nabawi) dan Masjid al-Aqsa.” (HR. Bukhari, Muslim dan Abu Dawud)

BACA JUGA: Ketika Umar Harus Meninggalkan Madinah

Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah saw bersabda,

Pada pintu-pintu Kota Madinah, ada malaikat yang menyebabkan tha;un ‘wabah’ dan Dajjal tidak memasukinya.”[]

Sumber: The Amazing Islamic Legacy: Menapaki jejak kejayaan Islam

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline