Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Ketika Umar Harus Meninggalkan Madinah

0

Umar bin Abdul Aziz sangat mencintai Madinah. Ia menjabat Gubernur Madinah selama enam tahun dan dianggap gubernur yang berhasil karena telah memenuhi penjuru negeri dengan kemakmuran dan kesejahteraan.

Sambil menangis, Umar keluar dari Madinah ditemani oleh pelayannya, Muzahim. Umar berkata kepada Muzahim, “Kita khawatir kita dijauhkan dari Madinah.”

Hal ini beralasan karena Rasulullah pernah mengemukakan bahwa Kiamat tidak akan terjadi hingga Madinah mengeluarkan semua orang jahat yang ada di dalamnya sebagaimana ubupan (alat peniup api) mengeluarkan kotoran besi (HR Muslim).

BACA JUGA: Saat Umar bin Abdul Aziz Mengundurkan Diri Sebagai Gubernur Madinah

Muzahim ketika itu memperhatikan posisi bulan berada di Badran (nama sebuah bintang yang terletak di antara Tsuraya dan Jauza’. Ada yang mengatakan bahwa namanya Tabi’ dan Tuwaibi’. Dinamakan Badran karena bintang ini mengikuti Tsuraya) dan sepertinya dia bertasya’um (berprasangka buruk) karena fenomena itu. Muzahim tidak suka mengatakan keadaan ini kepada Umar, tapi dia berkata kepada Umar, “Tidakkah kamu melihat bulan itu, letaknya amat bagus malam ini!”

Umar pun memandangi bulan lalu berkata, “Sepertinya kamu ingin memberitahukan kepadaku bahwa bulan berada di tempat Badran. Hai Muzahim, sesungguhnya kita tidak keluar karena kemunculan matahari dan bukan pula karena kemunculan bulan. Akan tetapi, kita keluar karena kehendak Allah Yang Maha Esa dan Mahaperkasa.”

BACA JUGA: Umar bin Abdul Aziz Meminta Para Pejabat Harus Hemat

Umar berjalan hingga sampai di Suwaida dan tinggal di sana selama beberapa waktu. Ia mempunyai sebuah rumah dan perkebunan. Ketika dia melihat bahwa kaum muslim menuntutnya untuk tinggal di Damaskus, di samping Khalifah, barangkali dia dapat mencegah kezaliman atau ikut andil dalam menyampaikan hak kepada yang berhak. Umar segera pindah ke Damaskus dan tinggal di sana.

Sumber: The Great of Two Umar/ Penulis: Fuad Abdurrahman/ Penerbit: Zaman, 2016

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline