Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Ketika Berbuka Puasa, Waspadai Hal Ini

0 44

Puasa adalah menahan diri dari sesuatu yang membatalkan puasa dari waktu subuh hingga waktu maghrib. Setiap yang berpuasa mereka akan berbuka di waktu maghrib. Tetapi dari berbuka ini terkadang manusia lupa untuk mengontrol dirinya dari nafsu makan yang berlebih, sehingga menyebabkan dampak kekenyangan. Lantas hal ini boleh atau tidak?

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah melakukan idkhol at thoam ‘ala thoam (makan lagi sesudah kenyang).

Suatu hari, sepeninggal Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam wafat, para sahabat mengunjungi Aisyah r.a. Saat itu khilafah Islamiyah sangat luas dan makmur. Sambil menunggu Aisyah r.a., para sahabat, yang saat itu sudah menjadi orang-orang kaya, saling bercerita tentang menu makanan mereka yang meningkat dan bermacam-macam.

BACA JUGA: Uwais Bin Amir: Cukuplah Ridha dari Ibu yang Akan Membawaku ke Surga

Aisyah r.a. yang mendengar hal itu tiba-tiba menangis. Tentu saja para sahabat terheran-heran, “Apa yang membuatmu menangis, wahai Bunda Aisyah?”, tanya para sahabat.

Aisyah r.a. menjawab, “Dahulu Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah mengenyangkan perutnya dengan dua jenis makanan. Ketika sudah kenyang dengan roti, beliau tidak akan makan kurma, dan ketika sudah kenyang dengan kurma, beliau tidak akan makan roti.”

Penelitian membuktikan bahwa berkumpulnya bermacam-macam makanan dalam perut telah melahirkan bermacam-macam penyakit. Maka sebaiknya tidak mudah tergoda untuk makan lagi jika sudah kenyang. Berlebihan dalam makan berbagai jenis daging bukan merupakan hal yang baik.

Umar r.a. berkata, “Jangan kaujadikan perutmu sebagai kuburan bagi hewan-hewan ternak!” []

Sumber: Panduan Diet Ala Rasulullah/ Penulis: Indra Kusumah /Penerbit: qultum Media/ 2007

Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline