Foto: freepik.com

Keistimewaan Wanita Paling Mulia

Menjadi Muslimah perlu memiliki karakteristik yang baik, karena Muslimah merupakan wanita yang menjadi istri, pengatur rumah tangga serta pendidik terbaik.

Banyak Muslimah hebat yang patut menjadi teladan bagi setiap wanita di muka bumi ini.

Aisyah salah satunya. Beliau merupakan wanita paling cerdas di muka bumi ini. Ilmunya sangat luar biasa. Setelah Rasulullah SAW wafat, banyak para sahabat yang datang kepada Aisyah untuk meminta fatwa. Sejak khalifah Abu Bakar , Aisyah memegang urusan fatwa aktivitas tersebut dijalaninya hingga Aisyah wafat.

Tidak hanya terletak pada kecerdasannya. Namun Aisyah juga merupakan wanita yang paling beruntung. Seperti diriwayatkan oleh abu Musa Al-Asy’ari, Rasulullah bersabda, “Orang yang sempurna dari kalangan laki-laki banyak jumlahnya, sedangkan dari kalangan perempuan tidak ada yang sempurna kecuali Maryam putri Imran dan Asiyah putri Muzahim (istri Fir‘aun). Dan keutamaan Aisyah dari seluruh perempuan seperti keutamaan bubur tabur roti atas makanan.”

Bukan hanya itu Jibril pernah menemui Rasulullah dan menitip salam untuk Aisyah.

Keistimewaan lainnya yang dimiliki Aisyah diantaranya:

1. Rasulullah tidak menikah dengan perawan, selain Aisyah.

2. Malaikat datang dalam mimpi Rasulullah dengan membawa gambar Aisyah dalam balutan secarik kain sutera putih sebanyak dua atau tiga kali sembari berkata, “Ini adalah istrimu!” maka Rasulullah pun menikahinya atas dasar perintah Allah.

3. Setelah Khadijah wafat, tidak ada istri-istri Rasulullah yang lebih dicintai selain Aisyah.

4. Tidak ada wahyu yang turun kepada Rasulullah ketika beliau tengah berselimut dengan wanita, selain bersama Aisyah.

5. Ia adalah putri Abu Bakar seorang tokoh terkemuka.

6. Rasulullah menyatakan bahwa Aisyah lebih mulia di banding wanita sejagat raya.

7. Ia adalah istri Rasulullah di dunia juga akhirat.

8. Rasulullah meninggal dipangkuan Aisyah.

Itulah keistimewaan Aisyah yang terkadang membuat wanita lain cemburu dengan keistimewaannya. Tidak hanya sebatas istimewa dalam hidup Rasulullah tapi juga istimewa di hadapan Allah SWT. []

Sumber: Aisyah yang Cerdas Yang Dicintai/ Penulis: Ahmad Ibnu Salim Baduwilan/ Penerbit: Darul Hadharah Riyadh/ Februari, 2012

About Erna Iriani

Indonesian Muslimah | Islamic Graduate Student | "Jangan menjadi gila karena cinta kepada seseorang, atau ingin menghancurkan seseorang karena kebencian." (Umar bin Khatab)

Check Also

Enam Pelajaran dari Dokter Hati

Karena saya termasuk makhluk bergerak, maka saya tidak peru menyibukkan hatiku dengan sesuatu yang telah dijamin oleh Dzat yang Maha Kuat dan Kokoh.

you're currently offline