Picture: Thobiby Qolby

Keindahan Fisik Rasulullah

Rasulullah SAW memiliki keistimewaan dan kesempurnaan fisik serta kesempurnaan akhlak dan budi pekertinya yang sulit untuk digambarkan.

Ali bin abi Thalib berkata, menjelaskan tentang pribadi Rasulullah, “Perawakan beliau sedang, tidak terlalu tinggi juga tidak terlalu pendek, berbadan lebar, rambutnya ikal, tidak keriting dan juga tidak lurus, badannya tidak kurus juga tidak gemuk, wajahnya bulat, kulitnya putih bersih. Kedua matanya lebar tajam dan hitam, bulu matanya lentik , tulang persendiannya besar, punggungnya kekar, bulu dadanya lebat dan halus, jari jemari tangan dan kakinya keras. Apabila berjalan sekan-akan berjalan di jalan yang landai, apabila menoleh seluruh badannya juga menoleh, di punggungnya ada tanda kenabian, dan beliau adalah penutup para nabi. Beliau adalah yang paling bagus telapak tangannya, paling kekar dadanya, paling jujur perkataannya, paling menepati janjinya, paling lembut jiwanya, paling mulia pergaulannya. Siapa saja yang secara tiba tiba memandangnya akan merasa kagum padanya dan siapa saja yang benar-benar bergaul dengannya pasti akan mencintainya.” Kemudian Ali berkata, “Aku sama sekali belum pernah melihat beliau, sebelum dan sesudahnya.” (Riwayat at-Tirmidzi)

Anas bin malik berkata, “Kedua telapak tangannya lapang, kulit beliau putih kemerah-merahan, tidak terlalu putih seperti kapur dan tidak pula cokelat, uban pada rambut kepala dan jenggotnya kurang dari dua puluh helai.” (Riwayat Bukhari) []

Sumber: Sirah Nabawiyah Perjalanan Hidup Rasul yang Agung/ Penulis: Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri/ Penerbit: Darul Haq/ November,2016

About Erna Iriani

Indonesian Muslimah | Islamic Graduate Student | "Jangan menjadi gila karena cinta kepada seseorang, atau ingin menghancurkan seseorang karena kebencian." (Umar bin Khatab)

Check Also

Nabi Ibrahim Hanya Meninggikan Bangunan Kabah, Bukan Membuat Pondasi

Sebenarnya, yang dilakukan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS adalah meninggikan Ka'bah, karena fondasi Ka'bah telah ada sebelumnya.

you're currently offline