Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Kecemburuan Rasulullah terhadap Maria Al-Qibthiyah

0 31

Abdullah ibn ‘Amr menceritakan bahwa Maria Al-Qibthiyah memiliki saudara laki-laki yang menyertainya datang dari Mesir. Laki-laki tersebut memeluk ajaran Islam dan dikenal sebagai seorang Muslim yang baik. Hanya saja, dia masih sering mengunjungi Maria ke kamarnya.

Hingga suatu ketika, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam masuk ke rumah Maria, saat itu dia sedang mengandung Ibrahim, lalu beliau mendapati laki-laki tersebut sedang berada di sana. Sontak saja, kecemburuan Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam muncul seketika. Sehingga, beliau keluar rumah dengan roman muka yang memerah.

Melihat hal tersebut, Umar bertanya, “Wahai Rasulullah, mengapa roman wajahmu berubah?”

Lalu Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam menjelaskan perihal saudara dekat Maria. Setelah mendengar jawaban beliau, Umar langsung menghunuskan pedangnya, dan bergegas menuju rumah Maria. Ketika didapati seorang laki-laki sedang berada di sana, Umar menarik pedangnya untuk mengancam laki-laki tersebut.

Namun, belum sampai hunusannya tertancap, laki-laki tersebut malah menyerahkan dirinya. Umar pun merasa iba, dan kembali menemui Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam untuk mengabarkan hal yang telah terjadi.

Beliau bersabda kepadanya, “Sesungguhnya Malaikat Jibril telah datang dan mewahyukan kepadaku bahwa Maria dan saudaranya telah dibersihkan oleh Allah dari prasangka burukku. Malaikat Jibril juga menegaskan bahwa Maria sedang mengandung seorang anak laki-laki yang mirip denganku, dan aku disuruh untuk menamainya Ibrahim. Sehingga, aku dipanggil dengan Abu Ibrahim. Seandainya bukan karena aku enggan mengganti panggilan yang sudah aku dapatkan sebelumnya, pastilah aku akan menerima panggilan yang Jibril berikan untukku (Abu Ibrahim).” []

Sumber: Maria Al-qibthiyah, The “Forgotten” Love of The Prophet/Penulis: Abdullah Hajjaj/Penerbit: Mizania

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline