Kebiasaan Unik Membuatnya Dicintai Allah

Suatu ketika Rasulullah SAW mengirim pasukan atau misi dakwah. Rasulullah SAW memberi tugas kepada Kultsum bin Hikam untuk menjadi imam dalam melaksanakan shalat selama tugas tersebut berlangsung.

Kultsum bin Hikam ini merupakan sahabat yang mempunyai kebiasaan unik dalam shalatnya, setiap selesai membaca Al Fatihah dan surat yang dipilihnya, ia selalu menutupnya dengan membaca surat al Ikhlas sebelum ruku, pada setiap rakaat pada semua shalatnya. Beberapa orang anggota pasukan sempat memperbincangkan masalah tersebut. Mereka menganggapnya sebagai hal baru yang dibuat-buat (bid’ah) karena Nabi SAW tidak pernah melakukannya. Tetapi mereka juga tidak berani menegur karena ia merupakan imam pilihan Nabi SAW.

Ketika kembali ke Madinah, barulah mereka melaporkan hal tersebut kepada Nabi SAW tentang kebiasaan unik Kultsum tersebut. Atas pengaduan ini, beliau bersabda, “Tanyakanlah langsung kepadanya mengapa ia berbuat demikian..!”

Mereka segera menemui Kultsum dan menanyakan alasannya berbuat seperti itu sebagaimana diperintahkan Nabi SAW. Kultsum berkata, “Karena dalam ayat-ayat tersebut terdapat kandungan sifat Dzat Yang Maha Pemurah, maka saya senang sekali membacanya dalam shalat…!!”

Mereka membawa jawaban Kultsum ini kepada Nabi SAW, dan beliau bersabda, “Kabarkanlah Kultsum, bahwa Allah SWT mencintai dirinya karena kebiasaannya dalam shalat itu…!!” []

About Erna Iriani

Indonesian Muslimah | Islamic Graduate Student | "Jangan menjadi gila karena cinta kepada seseorang, atau ingin menghancurkan seseorang karena kebencian." (Umar bin Khatab)

Check Also

Teruslah Maju, Wahai Rasulullah

Sa'ad bin Mu'adz, tokoh suku Aus dan pemuka Anshar, berdiri dan berkata, "Demi Allah, benarkah yang engkau maksudkan adalah kami?"

you're currently offline