Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Keberkahan Doanya

0

“Dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada…” (Qs Maryam 19: 31)

Keberkahan ada padanya, ada bersamanya dan ada di sisinya. Ucapannya adalah keberkahan. Ia berkata dengan ucapan yang pendek, namun terkandung di dalamnya beragam nasehat yang mampu menggugah akal pikiran dengan keindahannya dan balaghahnya.

Selama dua puluh tiga tahun dari umurnya, ia habiskan untuk menyampaikan risalahnya. Maka dalam masa singkat tersebut diperolehnya kemenangan, manfaat, ilmu, ilmu, iman dan perbaikan yang tidak akan mampu dilakukan oleh selainnya dalam beberapa kurun.

Keberkahan dari ucapannya terlihat sangat jelas, seperti yang terjadi di saat itu. Ketika Nabi menunaikan shalat subuh di Muzdalifah, kemudian bertolak ke Mina dengan mengucapkan tabliyah, berdzikir dan berdoa kepada Allah.

Nabi pun diberkahi pada peninggalannya. Suatu hari ia melewati kuburan dua orang yang sedang disiksa. Salah satunya karena tidak bersuci dari air kencing dan satunya lagi senang mengadu domba. Maka Nabi membelah batang kayu segar yang ada bersamanya kemudian menancapkannya di atas dua kuburan tadi sambil berkata, “Saya memohon semoga siksa keduanya diringankan sampai batang ini kering.” (HR Bukhari)

Keberkahan itu terjadi pula saat  sahabatnya, Ali bin Abi Thalib sakit mata pada perang Khaibar, sampai-sampai ia tidak mampu melihat. Maka Nabi meniupnya dan atas izin Allah ia bisa melihat kembali karena keberkahan doanya.

Dikatakan oleh Ali,

“Sang kekasih sakit, maka aku menjenguknya,
Tapi aku malah sakit karena mengkhawatirkannya
Dan ketika sang kekasih datang menjengukku (saat sakit),
Maka aku langsung sembuh dengan melihatnya.” []

Sumber: Ka Annaka Tara/ Penulis: Dr. ‘Aidh Abdullah Al-Qarny/ Penerbit: Cakrawala Publishing, 2005

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline