Picture: Dreamstime

Keberangkatan Hijrah Umar ke Madinah

Dialah Umar bin Khaththab, keberanian dan ketegasannya terkenal seantero Makkah. Ia orang yang sangat membenci Rasulullah. tetapi Allah telah memancarkan cahaya hidayah di hatinya yang menghantarkan Umar menuju Islam.

Ia diberi gelar al-Faruq karena keberaniannya dalam mengajukan dakwah secara terang-terangan. Ia yang menjadi tangan kanan Rasulullah.

Sebagian sahabat ketika hijrah ke Madinah pergi dengan cara sembunyi-sembunyi. Tapi, dialah Umar dengan keberaniannya ia berangkat hijrah ke Madinah secara terang-terangan.

Dari ‘Abdullah ibn ‘Abbas berkata, “Ali ibn Abi Thalib berkata kepadaku, ‘Aku tidak mengetahui seorang pun yang hijrah melainkan dengan sembunyi-sembunyi, kecuali `Umar ibn Al-Khaththab. Umar menyandang pedang dan busur anak panahnya di pundak lalu mendatangi Ka`bah, tempat kaum Quraisy sedang berada di halamannya. Dia melakukan tawaf sebanyak tujuh kali dan mengerjakan shalat dua rakaat di Maqam Ibrahim. Kemudian `Umar mendatangi perkumpulan mereka satu per satu dan berkata, ‘Barang siapa ibunya merelakan kematiannya, anaknya menjadi yatim, dan istrinya menjadi janda, temuilah aku di belakang lembah itu.”Ali berkata, ‘Tidak ada seorang pun yang mengikuti ‘Umar kecuali orang-orang yang tertindas, hingga dia mengajarkan dan menunjukkan mereka ke jalan yang benar.” []

Sumber: 150 Kisah Umar bin al-Khaththab/ Penulis: Ahmad Abdul `Al Al-Thahtawi/ Penerbit: Mizan/ April 2016

About Erna Iriani

Indonesian Muslimah | Islamic Graduate Student | "Jangan menjadi gila karena cinta kepada seseorang, atau ingin menghancurkan seseorang karena kebencian." (Umar bin Khatab)

Check Also

Nabi Ibrahim Hanya Meninggikan Bangunan Kabah, Bukan Membuat Pondasi

Sebenarnya, yang dilakukan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS adalah meninggikan Ka'bah, karena fondasi Ka'bah telah ada sebelumnya.

you're currently offline