Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Kebenaran Harus Diucapkan dengan Terang

0 18

Pada suatu hari, seorang lelaki tua berpakaian lusuh menemui Khalifah Ali bin Abu Thalib RA. Ia bermaksud melaporkan domba-dombanya yang telah dirampas oleh seorang pegawai Ali. Dengan sabar, Ali mendengarkan keluhan lelaki itu. Karena hari sudah sore, Ali menyuruh lelaki itu pulang dan kembali keesokan harinya.

Keesokan paginya, lelaki tua itu datang lagi.

“Assalamu’alaikum,” ucapnya.

Ali pun menoleh ke arah suara itu sambil menjawab salam, “Wa’alaikumussalam.”

Setelah itu, Ali bertanya, “Wahai Bapak Tua, siapakah orang yang telah merampas dombadombamu itu secara zalim?”

Kemudian lelaki tua itu menunjuk salah satu pegawai Ali. Setelah mendengar jawaban lelaki tua itu, Ali memintanya mereka duduk saling berhadap-hadapan, agar ia bisa mendengar perkataan keduanya. Dengan begitu dapat diputuskan siapakah yang benar di antara keduanya. Kini giliran laki-laki tua itu berbicara dengan suara keras yang menggema ke mana-mana.

Melihat keadaan seperti itu, pegawai Ali yang dituduh merampas itu berkata, “Wahai anak Adam, Anda sedang berada di ruangan pertemuan amirul mukminin. Rendahkanlah nada suaramu!”

Tiba-tiba, Ali berteriak ke arah pegawainya, “Diamlah kamu! Biarkan dia bicara karena kebenaran memang harus diucapkan dengan terang.”

Setelah mendengarkan kesaksian keduanya, Ali memutuskan permasalahan itu. Terbukti pegawainya telah merampas dombadomba milik lelaki tua itu. Karenanya, Ali menyuruh pengawalnya untuk mengembalikan dombadomba tersebut dan berpesan agar tidak ada lagi perampasan yang dilakukan pegawainya. la pun menghukum pegawainya dengan hukuman yang setimpal atas perbuatan yang dilakukannya. []

Sumber: 65 Cerita Teladan Sebelum Tidur Oleh Sakha Aqila Mustofa/Penerbit: PT Wahyumedia,2007

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements

you're currently offline