Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Kalung Emas Milik Fatimah

0

Fatimah ialah putri kesayangan Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam, dengan hati seputih salju, sewangi melati dan cantik seperti mutiara. Ia selalu membuka pintu rumahnya lebar-lebar untuk membantu orang-orang yang tidak mampu.

Seperti yang terjadi pada hari itu, ketika datang seorang pengemis dengan baju compang-camping dan dalam keadaan kelaparan.

“Assalamu’alaikum,” ucap pengemis itu membuat Fatimah merasa iba.

“Wa’alaikum salam,” jawab fatimah.

“Tolong aku bu, aku butuh pakaian. Lihatlah pakaianku sudah tidak layak, tidak bisa menutupi tubuhku,” pinta pengemis itu.

Fatimah kebingungan, karena ia pun dalam keadaan kesusahan. Jangankan pakaian, makanan pun tidak ada. Tiba-tiba matanya tertuju pada kalung emas miliknya.

“Kalung ini adalah milikku satu-satunya. Mungkin engkau sangat membutuhkannya,” kata fatimah menyerahkan kalung itu pada pengemis.

Sekarang kalung emas itu berada digengaman si pengemis, namun tidak lama. Karena ia menjualnya pada eorang saudagar kaya, dan dibelikannya pakaian.

“Alhamdulillah, sekarang Allah memberikan pakaian ini dengan perantara wanita baik itu,” ucap si pengemis dengan berkali-kali mengucapkan hamdalah.

Begitu pun si saudagar kaya mengucapkan rasa syukurnya, “Alhamdulillah, Allah menitipkan hartanya kepadaku. Kalau saja bukan lewat perantara wanita baik itu mungkin sekarang aku masih menjadi seperti pengemis itu.”

Saudagar kaya itu pun pergi menuju suatu tempat yang membuatnya mampu merubah keadaan hidupnya. Hingga akhirnya kalung itu kembali kepada pemilik pertamanya, Fatimah. []

Baca juga: Fatimah: Mengapa Mereka Disiksa seperti Itu?

Sumber: Kisah Muslimah Teladan Ahli Surga/Penulis: Nunik Utami/Penerbit: Mizan,2009

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline