Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Kalian Berani Padaku Tak Lain Karena Sifat Lemah Lembutku

0 2

Masa kekhalifahan Utsman datang setelah masa khalifah Umar yang tegas dan keras dalam melaksanakan setiap perkaranya. Berbeda dengan Umar, Utsman bin Affan memiliki karakter dan watak yang berbeda, ia senantiasa bersikap lemah lembut dan tinggi toleransi terhadap masyarakatnya.

Masa kepemimpinan Utsman berlangsung selama 12 tahun. Pada awal masa pemerintahannya, tepatnya 6 tahun pertama, berlangsung baik tanpa adanya perselisihan dan perpecahan. Orang-orang Quraisy pun lebih menyukainya lebih dari Umar. Kemudian 6 tahun terakhir, mulailah timbul fitnah (kekacauan) yang sekaligus awal pemberontakan atas kepemimpinannya yang juga akhirnya menyebabkan Utsman terbunuh.

Walaupun awal masa pemerintahannya berlangsung baik, namun kemudian hal ini menyebabkan munculnya sifat berani melawan pemimpin. Hingga Utsman sendiri pernah berkata kepada seorang pemberontak, “Apa kalian tahu mengapa kalian berani padaku? Kalian berani padaku tak lain karena sifat lemah lembutku.

Related Posts

Pesan Apakah yang Hanya Dikhususkan kepada Ali bin Abi Thalib?

Diriwayatkan dari Salim bin Abdullah bin Umar, bahwa ayahnya (Ibnu Umar) pernah berkata, “Mereka telah mencela beberapa hal dari Utsman, yang seandainya hal-hal tersebut dilakukan oleh Umar, niscaya mereka tidak akan berani mencelanya.

Begitu juga ketika Utsman berdialog dengan seorang pemberontak dan berhasil membongkar rencana mereka. Para sahabat bersikeras agar Utsman memerintahkan untuk membunuh mereka. Akan tetapi Utsman menolak dan berkata, “Sebaiknya kita maafkan dan terima mereka, namun kita harus senantiasa mengawasi mereka. Kita tidak akan membunuh seorang pun, kecuali jika ia melanggar had atau menampakkan kekafiran. []

 

Sumber: Abu Jannah. Sya’ban 1438 H. Serial Khulafa Ar-Rasyidin, Utsman bin Affan. Jakarta: Pustaka Al-Inabah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline