Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Rasulullah: Kalau Saja Kamu Meneruskan Bacaanmu

0

Said bin Hudair adalah seorang sahabat Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam. Ibnu Hudair adatlh nama panggilan Usaid. Artinya, anak Hudair. Ayah Usaid memang bernama Hudair. 

Suatu malam, ia dan anak lelakinya, Yahya bin Usaid berada di kandang kudanya. Yahya sudah tidur lelap. Untuk mengisi waktu, Usaid membaca ayat-ayat suci Alquran. Tiba-tiba, kuda Usaid melonjak seperti terkejut. Usald berhenti membaca Alquran. Kuda itu tenang kembali.

Usaid melanjutkan membaca Alquran lagi. Kuda itu kembati melonjak. Kejadian itu terjadi berkali-kali. Usaid berhenti membaca ayat-ayat suci. la khawatir kudanya akan menginjak Yahya yang tidur di samping kandang kuda itu. Usaid melihat ada bayangan yang muncul dari arah kudanya. Bayangan itu penuh cahaya, seperti beribu-ribu kunang-kunang yang terbang membubung ke langit. Bayangan itu terbang jauh tinggi dan akhirnya lenyap dari pandangan mata Usaid.

“Ya, Allah, apa gerangan yang kulihat itu?”seru Usaid pada diri sendiri.

Keesokan harinya, Usaid menemui Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam. la menceritakan peristiwa itu.

“Teruskan saja bacaanmu, Ibnu Hudair,” kata Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam.

“Aku telah membaca Lagi. Akan tetapi, kuda itu melonjak lagi. Demikian berkali-kali sampai aku melihat bayangan penuh cahaya.”

“Teruskan bacaanmu.”

“Sekiranya aku tidak khawatir anakku terinjak kaki kuda itu, tentu kuteruskan bacaanku, ya Rasulullah.”

“Kalau saja kamu meneruskan bacaanmu, kamu akan melihat berbagat keajaiban.”

“Bayangan penuh cahaya itu apa, ya Rasulullah?”

“Mataikat yang turun mendengarkan bacaanmu. Seandatnya kamu terus membacanya….”

Usaid menyesal tidak melanjutkan bacaannya. Seandainya ia terus membaca, ia akan menyaksikan berbagai keajaiban. Hal itu adalah kejadian langka. Usaid tidak pemah mengalaminya lagi. []

Sumber: Percikan kisah nabi muhammad saw/Penulis: Ali Muakhir dkk/Penerbit: Little Serambi,2007

Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More