Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Jubah Lusuh yang Menjadi Kain Kafan Sa’ad

Sa’ad bin Abi Waqas bin az-Zuhri yang biasa dikenal dengan panggilan Abu Ishaq. Merupakan sahabat dan penguasa, penakluk wilayah Irak, serta pembebas kota Kisra (Persia). Ia juga termasuk salah seorang dari enam yang dicalonkan Umar r.a. untuk menjadi khalifah.

Ia juga orang pertama yang melepaskan panah dalam perang fi sabilillah. Selain itu, ia termasuk orang yang, oleh Allah SWT, dijanjikan mendapat surga. Sa’ad masuk Islam pada usia 17 tahun. Ia mengikuti Perang Badar dan membuka peperangan Qadisiyah. Pernah menjadi Amir Kufah meskipun akhirnya dicopot.

Sa’ad wafat pada tahun 55 H. Mush’ab, putra Sa’ad, meriwayatkan bahwa ayahnya ada dalam pangkuannya ketika tengah menghadapi sakaratul maut. Melihat kondisi ayahnya yang sudah sedemikian payah, Mush’ab menangis.

Ayahnya berkata, “Apa yang membuatmu menangis, wahai putraku?”

Mush’ab menjawab, “Aku menangis karena kedudukanmu yang tinggi dan apa yang kulihat kini.”

Sa’ad berkata lagi, “Janganlah kau menangisiku karena Allah tak akan pernah menyiksaku. Sesungguhnya aku termasuk ahli surga. Dan Allah SWT memberi ganjaran kepada kaum muslimin dengan kebaikan mereka selama mereka mengerjakannya semata-mata karena Dia.”

Az-Zuhri meriwayatkan bahwa saat ajaI akan menjemputnya, Sa’ad bin Abi Waqas minta diambilkan jubah dari kain wol yang telah lusuh.

Lantas ia berkata, “Jika aku meninggal nanti, kafanilah aku dengan jubah itu. Sesungguhnya aku telah memerangi orang-orang musyrik dalam Perang Badar dengan memakai pakaian ini dan aku simpan pakaian itu hanya untuk menghadapi saat seperti hari ini.” []

Sumber: Hak dan Batil dalam pertentangan/Penulis: Ibrahim Abu Abbah/Penerbit: Gema Insani Press,1997 

Artikel Terkait :

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline