Picture: Theme Today | Web Design Blog

Jangan Kau Jadikan Perutmu Sebagai Kuburan bagi Hewan-hewan Ternak!

Rasulullah Saw tidak pernah melakukan idkhol at thoam ‘ala thoam (makan lagi sesudah kenyang).

Suatu hari, sepeninggal Rasulullah Saw. wafat, para sahabat mengunjungi Aisyah r.a. Saat itu khilafah Islamiyah sangat luas dan makmur. Sambil menunggu Aisyah r.a., para sahabat, yang saat itu sudah menjadi orang-orang kaya, saling bercerita tentang menu makanan mereka yang meningkat dan bermacam-macam.

Aisyah r.a. yang mendengar hal itu tiba-tiba menangis. Tentu saja para sahabat terheran-heran, “Apa yang membuatmu menangis, wahai Bunda Aisyah?”, tanya para sahabat.

Aisyah r.a. menjawab, “Dahulu Rasulullah Saw. tidak pernah mengenyangkan perutnya dengan dua jenis makanan. Ketika sudah kenyang dengan roti, beliau tidak akan makan kurma, dan ketika sudah kenyang dengan kurma, beliau tidak akan makan roti.”

Penelitian membuktikan bahwa berkumpulnya bermacam-macam makanan dalam perut telah melahirkan bermacam-macam penyakit. Maka sebaiknya tidak mudah tergoda untuk makan lagi jika sudah kenyang. Berlebihan dalam makan berbagai jenis daging bukan merupakan hal yang baik.

Umar r.a. berkata, “Jangan kaujadikan perutmu sebagai kuburan bagi hewan-hewan ternak!” []

Sumber: Panduan Diet Ala Rasulullah/ Penulis: Indra Kusumah /Penerbit: qultum Media/ 2007

About Erna Iriani

Indonesian Muslimah | Islamic Graduate Student | "Jangan menjadi gila karena cinta kepada seseorang, atau ingin menghancurkan seseorang karena kebencian." (Umar bin Khatab)

Check Also

Manisnya Menggigit Iman

Iman yang mantap disertai keteguhan hati bisa disejajarkan dengan sebuah gunung yang tidak bisa diusik.

you're currently offline