Picture: Vector Backgrounds

Istana Milik Umar bin al-Khattab

Umar pernah berkata kepada Rasulullah, “Demi Allah wahai Rasulullah, engkau lebih aku cintai dari semua orang kecuali diriku sendiri.” Rasulullah kemudian bersabda, “Tidak wahai Umar, hingga aku lebih engkau cintai dari dirimu sendiri.” Umar berkata, “Jika begitu engkau lebih aku cintai dari diriku sendiri.” Rasulullah bersabda, “Sekarang (baru benar) wahai Umar.” (Diriwayatkan oleh al-Bukhari).

Rasulullah pernah bercerita kepada Umar mengenai mimpi beliau, “Aku bermimpi berada di Surga. Aku melihat ada seorang perempuan yang sedang berwudhu di samping sebuah istana. Aku bertanya, ‘Milik siapa istana ini’ Ia menjawab, ‘Milik Umar bin al-Khattab’. Aku pun mengingat kecemburuan Umar, maka aku bergegas pergi.” Mendengar hal itu Umar pun menangis seraya berkata, “Apakah aku akan cemburu padamu wahai Rasulullah.”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam kemudian bersabda, “Di antara umat-umat sebelum kalian ada orangorang yang mendapat ilham. Seandainya ada orang yang seperti itu di umatku, niscaya ia adalah Umar bin Khattab. (Diriwayatkan oleh al-Bukhari). []

 

Sumber: Abu Jannah. Sya’ban 1438 H. Serial Khulafa Ar-Rasyidin, Umar bin al-Khattab. Jakarta: Pustaka Al-Inabah.

About Dika Nugraha

Al-Qur'an & As-Sunnah

Check Also

Siapa yang Tidak Beriman Itu?

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Demi Allah, tidak beriman, tidak beriman, tidak beriman.'

you're currently offline