Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Inilah yang Paling Hebat dan Mengagumkan Menurut Umar bin Abdul Aziz

0 1

Umar bin Abdul Azis tetap tinggal di madinah, setelah tak lagi mengemban jabatan gubernur, sampai bergantinya khalifah. Khalifah al-Walid I digantikan saudaranya, Sulaiman bin Abdul Malik ra. Sulaiman sendiri sebenarya ingin agar Umar bin Abdul Azis-lah yang diangkat menjadi khalifah, bukan dirinya.

Di samping sebagai sepupu, Umar dan Sulaiman ra merupakan sahabat karib. Pada masa pemerintahan Sulaiman, kedaulatan Bani Umayyah sangat kokoh, dan stabilitasnya terjaga.

Baca juga: Umar bin Abdul Aziz dan Abdul Malik

Suatu hari, Sulaiman menunjukkan kepada Umar akan kekuatan militer yang dimiliki Negara Khilafah saat itu, dengan ekspresi kebanggaan. Umar berkomentar dengan nada meneduhkan dan pesan yang dalam.

“Aku sedang melihat dunia saling memakan antara satu dengan yang lain. Dan engkaulah orang yang paling bertanggung jawab dan akan ditanyai oleh Allah tentang hal itu.”

“Tidakkah engkau kagum dengan kehebatan pemerintahan kita ini?” tanya Sulaiman.

“Bahkan yang paling hebat dan mengagumkan adalah orang yang mengenali Allah kemudian mendurhakai-Nya, mengenali setan kemudian mengikutinya, mengenali dunia kemudian condong kepadanya,” jawab Umar kemudian.

Mendengar jawaban itu, Khalifah Sulaiman tidak marah atau kecewa. Ia menerima dengan hati terbuka. Merasakan kehadiran sahabat sejati, saudara hakiki, yang mengingatkan akan hakikat hidup dan kekuasaan dunia. []

Baca juga: Aku Tidak Akan Melupakan Kehinaan Kita di Hadapan Budak Hitam Ini

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline