Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Inilah Rahasia Kerukunan Rumah Tangga Syuraih Al-Qadhi

0

Diriwayatkan suatu ketika Syuraih Al-Qadhi bertemu dengan kawannya yang bemama Asy-Sya’bi. Seperti biasanya perbincangan mereka cukup hangat. Lalu Asy-ya’bi bertanya kepadanya tentang keadaan rumah tangganya. Syuraih menjawab, “Selama 20 tahun aku tidak melihat sesuatu yang membuatku marah terhadap istriku.”

Asy-Sya’bi heran bagaimana Syuraih bisa bersikap begitu kepada sang istri.

“Bagaimana itu bisa terjadi?” tanyanya.

Syuraih menjawab, “Sejak malam percama bersama istriku, aku melihat kecantikannya yang menggoda. Aku berkata pada diriku, ‘Aku akan bersuci dan shalat dua rakaat sebagai tanda syukur kepada Allah. Ketika aku salam, aku mendapati istriku ada di belakangku ikut menunaikan shalat bersamaku. Saat rumahku sepi dari para sahabat dan rekan-rekan, aku berdiri menuju kepadanya.”

Singkat cerita Syuraih menjelaskan akhlak istrinya, termasuk ketaatan sang istri menuruti perintah apa saja yang disukai dan dibenci suaminya. Saat suaminya tidak suka suatu hal, istrinya akan menjauhinya. Jika suaminya suka hal tertentu, istri akan berusaha untuk memenuhinya.

“Sesungguhnya aku adalah wanita asing yang tidak mengetahui akhlakmu. Jelaskan kepadaku apa yang engkau sukai sehingga aku akan melakukannya dan apa yang tidak engkau sukai sehingga aku meninggalkannya,” begitu pinta istrinya.

Syuraih berkesimpulan, “Aku tinggal bersama istriku selama 20 tahun dan aku tidak pernah menghukumnya mengenai sesuatu pun, kecuali sekali dan aku merasa telah menzaliminya.”

20 tahun bukan waktu yang sebentar dalam mengarungi rumah tangga. Tapi pahamilah apa yang terjadi pada Syuraih? Akhlak istri yang baik dan selalu taat kepada suaminya membuat Syuraih tidak pemah murka kepadanya. []

Sumber: 100 Muslimah Super Stories/ Penerbit: Abdillah F. Hasan

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline