Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Inilah Pendapat Mengenai Nama Muhammad

0 3

Setelah Rasulallah SAW dilahirkan oleh ibunya, Aminah binti Wahb, ada beberapa pendapat mengenai siapa yang telah memberikn nama Muhammad terhadap Rasulallah SAW.

Ada yang mengatakan bahwa Abdul Muth-thalib lah yang telah memberikan nama Muhammad. Setelah hari ke tujuh Rasulallah dilahirkan, kakeknya ini menyembelih beberapa kambing dan menjamu keluarga serta sahabatnya. Disitulah Abdul Muth-thalib memberikan nama Muhammad kepada Rasulallah.

BACA JUGA: Sahabat Nabi yang Shalat dengan Berjalan

Related Posts

Sejarah Nama Palestina

Ada juga yang mengatakan bahwa sejak Rasulallah masih berada dalam kandungan Aminah, nama Muhammad sebenarnya sudah ada dari bisikan ruhani yang didapat oleh Ibunda Rasulallah ini.

Seperti sebuah riwayat dari Ibnu Ishaq, “Aminah binti Wahb, ibunda Rasulallah SAW bercerita, ketika ia mengandung Rasulallah SAW, ia pernah bermimpi didatangiseseorang. Kemudian orang terebut berkata kepadanya, “Sesungguhnya engkau sedang mengandung pemimpin umat ini. jika kelak engkau melahirkannya, maka ucapkanlah, ‘Aku memohong perlindungan untuknya, kepada Allah yang Maha Esa, dari semua keburukan pendengki. Dan erilah ia nama Muhammad.’ Pada waktu Aminah mengandung Rasulallah SAW, ia meliha seberkas sinarmemancar keluar dari perutnya. Dan dengan sinar tersebut ia bisa melihat istana-istana Bursa di Syam.” (Dikutip dari Sirah Nabawiyah, Ibnu Hisyam) []

Sumber: Rasulallah Sang Pendidik/Rasulullah Sang Pendidik/Karya: Al-Ustadz Muhammad Rusli Amin/Penerbit:Al Mawardi/2013

BACA JUGA: Jawaban Khadijah pada Nabi

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline