Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Inilah Maksud Rasulullah, Kawan yang Menemani dalam Kubur

0

Suatu hari Qais bin Ashim meminta nasihat Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam. Beliau bersabda, “Hai Qais, pastilah kamu punya kawan yang dikuburkan bersama kamu, tapi dia hidup dan kamu dikuburkan bersamanya dan kau dalam keadaan mati.

“Jika ia mulia, ia akan memuliakan kamu. Jika ia keji, ia akan menyerahkan kamu. la tidak akan dihimpunkan kecuali bersamamu, tidak akan dibangkitkan kecuali bersamamu, dan kamu tidak akan ditanya kecuali tentangnya. jadikanlah ia itu baik, sebab jika ia baik kamu akan merindukannya. Jika ia rusak, kamu akan ketakutan kepadanya. Ketahuilah ia itu perbuatanmu.” (Bihar Al-Anwar 71: 64)

Pada suatu hari, ketika Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam duduk di samping ‘Aisyah, lalu seorang Yahudi lewat la mengejek Nabi dengan memplesetkan ucapan salam.

“Sam ‘alaikum. Artinya, matilah kamu.”

Nabi menjawab, “Wa ‘alaikum. Juga bagimu.”

Lewat lagi Yahudi yang kedua mengucapkan hal yang sama. Nabi juga memberikan jawaban yang sama. Kejadian ini berulang sampai tiga kali. ‘A’isyah tidak tahan.

Dia menghardik Yahudi itu, “Hai anak-anak monyet dan babi.”

‘Aisyah tidak salah jika merujuk pada QS Al-Ma’idah ayat 60, “Dia jadikan sebogian mereka monyet dan babi.”

Air muka Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam berubah, “Hai Aisyah, mengapa kau maki mereka?”

‘Aisyah menjawab, “Mereka bersekongkol, ya Rasul Allah. Giliran seorang demi seorang lewat hanya untuk mengucapkan, matilah kamu.”

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Bukankah aku sudah jawab mereka dengan ucapan, juga bagimu. Tidakkah kamu ketahui bahwa ucapan kita dan amal kita itu akan berwujud menjadi makhluk? Makian yang kita ucapkan akan menjadi makhluk yang mengerikan dan dibangkitkan bersama manusia pada hari kiamat.” (Mazhahiri, Jihad Al-Nafs: 116) []

Sumber: The Road to Allah, Tahap-Tahap Perjalanan Ruhani Menuju Tuhan/Penulis: Jalaluddin Rakhmat/Penerbit: Mizan

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline