Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Inilah Kontribusi Abu Jazla, Ilmuan Muslim, untuk Dunia Kedokteran

0

Di Barat, beliau dikenal dengan nama Ben Gezla, Byngezla atau Buhahylyha. Nama lengkap beliau adalah Abu Ali Yahya bin Isa Ibnu Jazla. Tepatnya kapan beliau lahir dan dimana tidak diketahui pasti namun beliau meninggal dunia pada 493 H/Juni 1100 M.

BACA JUGA: Diet Ala Rasulullah

Ibnu Jazla terkenal sebagai dokter Arab yang andal dari Baghdad. Beliau sangat rajin melakukan penelitian-penelitian kedokteran dan kemudian menuliskannya ke dalam kitab-kitab yang cukup berpengaruh di dunia kedokteran Eropa saat itu.

Related Posts

Berbaris seperti Para Malaikat di Sisi Tuhan

Ibnu Jazla telah berkontribusi untuk dunia Kedokteran, yang pertama, mengembangkan metode pengobatan dan pencegahan penyakit dengan cara diet.

Kedua, Kitab Taqwin al-Abdan fi Tadbir al-Insan yang dicetak di Damaskus pada 1914 M berisi 352 macam penyakit beserta metode diet untuk mencegahnya. Kitab ini diterjemahkan ke bahasa latin oleh Farachi, seorang dokter Yahudi dengan judul Tacuini Aegrutinum. Para ilmuwan saat itu menganggap kitab ini adalah yang terlengkap dan akurat.

BACA JUGA: Kecerdasan Aisyah Hingga Pengetahuan dalam Ilmu Kedokteran

Ketiga, Kitab Minhaj al-Bayan fi ma Yasta’miluh al-Insan, ditulis Ibnu Jazla untuk dipersembahkan kepada Khalifah al-Muktadi. Kitab ini berisi daftar tanaman obat dan obat-obatan racikan beliau. Kitab ini pernah diterjemahkan ke dalam bahasa Prancis oleh seorang dokter Eropa, P. De Koning.Kitab ini juga pernah menjadi salah satu referensi bagi mahasiswa kedokteran di Eropa pada saat itu. []

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline