Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Inilah Kelebihan Orang yang Berilmu

0

Sirah dan sunah rasul mengandng segala hal yang diperlukan oleh manusia dalam dunia dan agamanya. Maka dari itu Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam menganjurkan umatnya untuk belajar dan mengajar.

Qais bin Katsiir menuturkan bahwa seorang pria datang dari Madinah menemui Abu Darda bertanya, “Apa yang mendorongmu datang ke sini, saudaraku?”

Orang itu menjawab, “Aku ke sini untuk mengetahui sebuah hadits. Aku dengar engkau meriwayatkan hadits itu dari Rasulullah.”

“Apakah ada keperluan lain?”

“Tidak,” jawab orang itu.

“Apakah bukan karena urusan dagang?”

“Tidak, aku kesini semata-mata untuk mengetahui hadits itu.”

Kata Abu Darda, “Aku mendengar Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Barangsiapa pergi untuk mencari ilmu, Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga. Dan sesungguhnya para malaikat merendahkan sayap mereka kepada penuntut ilmu karena rida terhadap orang yang menuntut ilmu itu. Makhluk yang hidup di langit maupun di bumi, bahkan ikan-ikan yang hidup di air, sungguh memintakan ampunan bagi orang yang berilmu. Kelebihan orang yang berilmu atas orang yang beribadah seperti kelebihan bulan atas bintang-bintang yang lain. Para ulama adalah pewaris para nabi. Dan para nabi tidak mewariskan dinar ataupun dirham, melainkan mewariskan ilmu. Barang siapa menguasai ilmu, berarti dia telah menguasai harta yang tak ternilai besarnya.” (HR Tirmidzi) []

Baca juga: Tatkala Allah Mencabut Semua Nyawa Orang Beriman

Sumber: Jiwa dalam bimbingan Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam/Penulis: Dr Saad Riyadh/Penerbit: Muassasah Iqra,2004

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

you're currently offline