Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Ini Usia Istri-istri Rasulullah ketika Dinikahi

0 1.910

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam, adalah satu-satunya orang yang diperbolehkan memiliki istri lebih dari empat di antara sahabatnya juga para umatnya.

Beliau pertama kali menikah di usia 25 tahun dengan Khadijah binti Khuwailid. Khadijah pada waktu itu berusia 40 tahun. Namun, berapa usia para istri Rasulullah ketika dinikahi oleh Rasulullah?

1. Seperti yang telah disebutkan di atas. Khadijah binti Khuwailid, dinikahi oleh Rasulullah pada usia 40 tahun. Sebelumnya Khadijah pernah menikah dua kali, namun suami pertama dan keduanya wafat. Dari Khadijah lah lahir putra-putri Rasulullah, yaitu : Qasim, Abdullah, Zainab, Ruqayyah, Ummu Kultsum, Fatimah az-zahra.

2. Saudah binti Zam’ah, dinikahi oleh Rasulullah ketika usianya sekitar 55 tahun. Sebelumnya ia dinikahi oleh Sakran bin Amr

3. Aisyah binti Abu Bakar AI-Shiddiq, dinikahi ketika usianya 6 tahun dan digauli ketika usia 9 tahun. Aisyah merupakan istri yang paling muda.

4. Hafshah binti ‘Umar bin Khaththab, ia dinikahi ketika usia 19 tahun. Sebelumnya ia dinikahi oleh Khumais bin Hudzaifah.

5. Zainab binti Khuzaimah, dinikahi ketika usianya sekitar 30 tahun. Sebelumnya ia dinikahi oleh Abdullah bin Jahsy.

6. Ummu Salamah, ia dinikahi ketika usianya sekitar 29 tahun. sebelumnya ia dinikahi oleh Abu Salamah.

Related Posts

7. Zainab binti Jahsy, ia dinikahi ketika usianya sekitar 35 tahun. sebelumnya ia dinikahi oleh Zaid bin Kharitsah, namun Zaid menceraikannya, lalu Rasulullah menikahinya.

8. Juwairiyyah binti Al-Harits, ia dinikahi ketika usianya sekitar 20 tahun. Sebelumnya ia adalah tawanan yang berasal dari Bani Musthaliq, ia dimiliki oleh Tsabit bin Qais. Kemudian Tsabit mengadakan perjanjain untuk memerdekakannya dengan tebusan. Kemudian Rasulullah yang memenuhi seluruh tebusan kemerdekaannya lalu menikahinya pada tahun ke-6 hijrah.

9. Ummu Habibah binti Abu Sufyan, ia dinikahi sekitar usia 40 tahun. Ia sebelumnya dinikahi oleh Ubaidillah bin Jahsy tetapi Ubaidillah murtad karena masuk agama nasrani dan meninggal. Rasulullah menikahinya pada bulan Muharram tahun ke-7 hijrah.

10. Shafiyyah binti Huyay, ia dinikahi ketika usianya sekitar 17 tahun. Sebelumnya ia menjadi tawanan perang Khaibar, Rasulullah memilihnya untuk dirinya, kemudian beliau memerdekakannya dan menikahinya setelah penaklukan Khaibar tahun ke-7 hijriyah.

11. Maimunah binti Al-Harits. Ia dinikahi ketika usainya sekitar 26 tahun. Ia dinikahi Rasulullah pada bulan Dzulqa’dah tahun ke-7 hijrah,

12. Mariyah Qibtiyah, (tidak diketahui usia Mariah ketika menikah dengan Rasulullah). Namun, Rasulullah menikah dengan Mariah ketika usainya 60 tahun. dan dari Mariah lahir putra Rasulullah yang bernama Ibrahim. Ibrahim wafat ketika usai 18 bulan.

Kesemua istri beliau tersebut, janda kecuali A’isyah binti Abu Bakar Al-Sh iddiq. []

Sumber: Rumah Cinta Rasulullah/ Penulis: Ahman Rofi’ Usmani/ Penerbit: Mizan/ 2007

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements

you're currently offline