Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Ini Upayaku Membalas Kebaikannya

0

Pada masa Kekhalifahan Umar bin Khattab RA, ia tengah berada di Baitul Haram ditemani oleh Ali bin Abi Thalib RA dan beberapa orang sahabat lain. Mereka melihat seorang laki-laki tengah menggendong ibunya, yaitu seorang wanita yang lanjut usia, buta, dan tidak mampu bergerak. Dia menggendong ibunya sambil mengelilingi Ka’bah untuk melakukan thawaf dan mengucapkan talbiah.

BACA JUGA: Ketika Serban Umar bin Khattab Tersangkut

Laki-laki tersebut berkata, “Aku tak peduli jika dia menjadikan aku sebagai binatang tunggangannya. Karena yang sedang aku lakukan adalah sebuah upaya untuk membalas sebagian utangku kepadanya sepanjang hidupku.”

Lalu ia lanjutkan dengan mengucapkan kalimat talbiah, “Labaikallaahumma labbaik.” (Wahai Tuhanku, Aku penuhi panggilanMu kepadaku).

Umar RA dan para sahabat menyaksikan perbuatan laki-laki tersebut.

BACA JUGA: Kelembutan Hati Umar bin Khattab

Umar RA berkata, “Marilah kita ikut melakukan thawaf. Sekarang adalah waktu turunnya rahmat dan ampunan dari Allah. Mudah-mudahan dengan keberkahan bakti laki-laki kepada ibunya yang telah tua ini, kita juga mendapat curahan rahmat dan ampunan dari Allah SWT.” []

Referensi: 40 Kisah Pengantar Anda Tidur/Najwa Husein Abdul Aziz/Gema Insani/2001

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline