Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Ini Ternyata Hal-hal yang Disukai oleh Rasulullah

0 1

Suatu perbuatan yang sering dilakukan, dibicarakan, diharapkan, dan didiskusikan oleh seseorang, dapat dipastikan bahwa hal itu merupakan kesukaannya. Begitu juga dengan yang dilakukan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam, apabila beliau menyenangi sesuatu, entah itu berupa makanan ataupun minuman, maka ia sering memakan dan meninumnya.

Ketika Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam menyenangi suatu perbuatan, sudah dapat dipastikan bahwa perbuatan itu akan sering ia kerjakan. Salah satunya beliau menyukai siwak, maka menyiwak akan sering beliau lakukan sebelum melakukan kegiatan lainnya.

Abu Daud dan Ibnu Majah meriwayatkan dari Ibnu Basar r.a ia berkata: “Keju dan kurma disukai Rasulullah.”

Abu Na’im meriwayatkan dari Mu’awiyah bin Yazid Al-Absiy, ia berkata: “Bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam menyukai buah-buahan anggur dan semangka.”

Ath-Thabraniy meriwayatkan dari Rabi’ binti Ma’udz ia berkata: “Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam menyukai buah jenis mentimum.”

Diriwayatkan oleh Bukhari, Muslim dan Abu Ya’la dari Aisyah r.a ia berkata: “Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam itu menyukai buah-buahan yang manis dan madu.”

Abu Ya’la meriwayatkan dari Anas r.a ia berkata: “Bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam suka berpuasa dan berbuka dengan tiga kurma atau dengan makanan yang tidak terkena api (misalnya sate atau gorengan yang dimasak dengan menggunakan api).”

Diriwayatkan dari Ka’ab bin Malik, ia berkata: “Rasulullah menyukai keluar untuk berperang pada hari kamis.”

Ahmad, An-Nasa’i, Ibnu Majah dan Al-Hakim meriwayatkan dari Anas r.a. ia berkata: “Bahwa Rasulullah senang apabila kaum Muhajirin bersanding dengan kaum Anshar di dalam shalat untuk menjaga (persatuan) mereka.”

Related Posts

Barang Siapa Beriman kepada Allah…

Ahmad, At-Thirmidzi dan Al-Hakim meriwayatkan dari Aisyah ia berkata: “Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam itu lebih menyukai minuman manisan yang dingin.”

Abu Na’im meriwayatkan dari Ibnu Abbas r.a. ia berkata: “Bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam menyukai (makan) daging pada bagian bahu.”

Diriwayatkan dari Anas r.a. ia berkata: “Tumbuh-tumbuhan yang disukai oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam adalah bunga dari segala pohon yang berbau harum.”

Bukhari, Muslim, Abu Daud, dan An-Nasa’i meriwayatkan dari Anas r.a. ia berkata: “Pakaian yang sangat disukai Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam adalah jubah.”

Abu Daud, At-Tirmidzi dan Al-Hakim meriwayatkan dari Ummu Salamah ia berkata: “Pakaian yang disukai  Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam adalah gamis.”

Ibnu Saniy dan Abu Na’im meriwayatkan dari Anas r.a. ia berkata: “Warna yang disukai oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam adalah hijau.”

At-Tirmidzi, An-Nasa’i meriwayatkan  dari Aisyah dan Ummu Salamah: “Bahwa amal (ibadah) yang disukai oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam adalah yang langgeng (Istiqomah), meskipun sedikit.

Segala sesuatu yang disukai oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam merupakan hal yang memiliki rahasia tersembunyi, baik dari fadilahnya maupun hikmahnya. Hanya saja dahulu belum dapat dipastikan karena tidak dilakukan penelitian. Namun saat ini, setelah dilakukan penelitian, segala sesuatu yang disukai oleh Rasulullah memang mengandung banyak manfaat.

Wallahu’alam bisshawab. []

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline