Picture: Favim.com

Ia Dimandikan oleh Malaikat

Handzhalah bin Abi Amir bertemu dengan Abu Sufyan pada Perang Uhud, ia berhasil mengungguli Abu Sufyan. Hanya saja ketika itu Syadad bin al-Aswad melihatnya, ia mendahului Handzhalah dengan pedangnya dan berhasil membunuhnya.

Rasulullah kala itu berkata, “Sahabat kalian ini –Handzhalah– dimandikan oleh para malaikat. Coba kalian tanya kepada tanyakan kepada keluarganya, apa yang ia lakukan sebelumnya?” ketika istrinya ditanya, ia pun menjawab, “Saat mendengar seruan untuk berperang, ia dengan cepat memenuhi seruan itu padahal ia masih junub.”

Ayah Handzhalah, yakni Abu Amir, adalah orang fasik. Ia adalah sepupu Abdullah bin Ubay. Keduanya adalah orang munafik yang sering menyakiti Rasulullah.

Suatu saat, Handzhalah dan Abdullah bin Ubay bersepakat untuk membunuh orang tua mereka masing-masing. Keduanya meminta izin kepada Rasulullah, namun Rasulullah menolak dengan tegas dan melarangnya. []

Sumber: Walid al-A’zhami, Nabi Muhammad di Hati Sahabat., hal 108, 109.

About Dika Nugraha

Al-Qur'an & As-Sunnah

Check Also

Nabi Ibrahim Hanya Meninggikan Bangunan Kabah, Bukan Membuat Pondasi

Sebenarnya, yang dilakukan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS adalah meninggikan Ka'bah, karena fondasi Ka'bah telah ada sebelumnya.

you're currently offline