Picture: tapped-out.co.uk

Ia Bukan Termasuk Golongan Kami

Suatu hati, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berkeliling di pasar ditemani oleh beberapa orang sahabat. Kemudian beliau melihat seorang laki-laki yang sedang menjual makanan. beliau memerhatikan aktivitas jual beli dan berbagai macam kegiatan di pasar. Beliau turun langsung mengajarkan kaum muslimin ini dan itu, menyapa orang-orang, dan mewarnai masyarakat dengan warna Islam. Beliau berhenti di hadapan salah seorang penduduk Mekah yang menjual makanan. Kemudian beliau memasukkan tangannya ke dalam sebuah wdah dan jari-jarinya mendapati sesuatu yang basah.

“Apa ini wahai pemilik makanan?” tanya beliau.

“Ini yang di atas kering dan yang di bawah basah.” jawab orang itu.

Ia melanjutkan, “Wahai Rasulullah, tadi turun hujan sehingga membuat makanan ini menjadi basah.”

Tetapi Rasulullah menyela si penjual makanan dengan ucapan, “Bukankah kamu memang telah sengaja meletakkan makanan yang basah ini dibawa makanan yang bagus, sehingga tidak ada orang yang melihatnya?”

Beliau kemudian bersabda, “Mengapa kamu tidak menjadikannya di bagian atas makanan sehingga orang-orang dapat melihatnya. Barang siapa menipu, maka ia bukan termasuk golongan kami.” []

 

Sumber: Dr. Utsman Qadri Mukanisi. 2017. Cerita-Cerita Memikat dari Sahabat. Jakarta: Qalam.

About Dika Nugraha

Al-Qur'an & As-Sunnah

Check Also

Hadits Niat karena Hijrah Cinta

Kemurnian dan kesucian amalan sangat diperhitungkan serta dijadikan prioritas agar diusahakan adanya. Tak sia-sia bak debu di atas batu licin yang diterpa angin dan diterjang ombak. 

you're currently offline