Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Hukuman Bagi Orang yang Hidup Secara Berlebihan dalam Menjauhi Dunia

0

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu haramkan apa-apa yang baik yang telah Allah halalkan bagi kamu, dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.” (Qs Al-Maidah [5] : 87)

Sahabat Ali bin Abi Thalib, ‘Ala` bin Ziyad al-Haritsi yang tinggal di Basrah, pada suatu hari ia jatuh sakit. Amirul Mukminin pun datang menjenguknya. Saat melihat luasnya rumah yang dihuni sahabatnya itu, beliau berkata, “Apa yang Anda lakukan dengan rumah sebesar ini? Apabila hendak membawanya ke akhirat, maka pertama, Anda muliakan tamu yang datang. Kedua, menyambung tali persaudaraan. Ketiga, menjalankan segenap kewajiban dirimu. Dengan cara seperti itu, Anda dapat membawa rumah Anda ini ke akhirat.”

Al-‘Ala` berkata pada Ali, “Wahai Amirul Mukminin, saya hendak mengadukan kepada Anda tentang saudara saya bernama Ashim bin Ziyad.”

“Ada apa dengannya?” tanya Ali

“Ia memakai baju dari bulu domba dan menjauhkan diri dari dunia,” jelasnya.

Lalu Ali menyuruh membawa saudara ‘Ala` kehadapannya. Ali pun mengecam orang yang hidup secara berlebihan dalam menjauhi dunia dan mengharamkan apa yang telah di halalkan bagi mereka dari Allah dan menganggapnya sebagai musuh dirinya sendiri.

Ashim berkata, “Wahai Amirul Mukminin, Anda pun mengenakan pakaian kasar dan memakan makanan yang kasar.”

Mendengar ucapannya, Ali menjawab, “Celakalah Anda, saya tidak seperti Anda. Sesungguhnya Allah yang Maha Tinggi telah mewajibkan para pemimpin sejati untuk memelihara diri dan bergaya hidup sesuai dengan tingkatan rakyat yang paling rendah, sehingga orang miskin tidak meratapi kemiskinannya.”

Allah tidak melarang hambanya untuk memakan makanan dan meminum minuman yang enak dan nikmat, hanya saja Allah melarang untuk berlebih-lebihan dalam mencintai dan menikmati dunia.[]

Sumber: Oase Kehidupan, Merujuk Kisah-kisah Hikmah Sebagai Teladan/Penerbit: Marja/Penulis:Abu Dzikra – Sodik Hasanuddin,2013

Artikel Terkait :

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline