Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Hari Kiamat dan Gempa Bumi

0

Sebelum kiamat terjadi, gempa bumi akan terjadi di mana-mana dan berlangsung terus-menerus.

Ada dua kemungkinan dari fenomena gempa bumi ini:

Gempa bumi ini bisa berupa rahmat Allah kepada umat Islam dan penghapus dosa-dosanya, seperti dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Musa al-Asy’ari, bahwa Rasulullah saw bersabda, “Umatku adaah umat yang dirahmati Allah. Mereka tidak akan mendapat azab di akhirat. Allah menjadikan azab mereka di dunia, dengan peperangan, gempa bumi dan fitnah (musibah).” (HR. Ahmad dan dishahihkan oleh Imam Hakim)

BACA JUGA: Gempa Bumi di Zaman Rasulullah, ini Penyebabnya

Gempa bumi pun bisa merupakan hukuman untuk manusia akibat merebaknya kerusakan. Sehingga, gempa bumi itu menjadi azab dan hukuman bagi penduduk suatu masa.

Abu Hurairah ra. meriwayatkan, Rasulullah saw bersabda, “Hari kiamat belum akan terjadi sampai ilmu diangkat dan gempa bumi banyak terjadi di mana-mana.” (HR. Bukhari)

BACA JUGA:  Hentakan Kaki Rasulullah Menenangkan Tsabir

Abdullah bin Hawalah al-Azdi ra. meriwayatkan bahwa Rasulullah saw bersabda, “Wahai ibnu Hawalah, apabila kau melihat khilafah sudah memasuki tanah-tanah suci, maka gempa bumi, malapetaka, perkara-perkara besar, dan Hari Kiamat lebih dekat kepada manusia ketimbang tanganku ini dari kepalamu.” (HR. Abu Dawud) []

Sumber: Kiamat sudah dekat? oleh Dr. Muhammad al-‘Areifi. Hal 143

Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More