Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Hajar, Ibrahim dan Ismail (Bagian 5 Habis)

Ibrahim meninggalkan mereka selama beberapa waktu. Setelah itu ia datang kembali, ketika itu Ismail tengah meraut anak panah di bawah pohon besar dekat sumur Zamzam. Ketika melihatnya, Ismail bangkit. Keduanya melakukan apa yang biasa dilakukan oleh anak dengan ayahnya dan ayah dengan anaknya jika bertemu. Ibrahim berkata, “Wahai Ismail, sesungguhnya Allah memerintahkan sesuatu kepadaku.”

“Laksanakanlah apa yang telah diperintahkan Tuhanmu itu!” sahut Ismail.

Ibrahim pun bertanya, “Apakah engkau akan membantuku?”

“Aku pasti akan membantumu,” jawab Ismail.

Ibrahim bertutur, “Sesungguhnya Allah menyuruhku untuk membangun sebuah rumah di sini.” Seraya menunjuk ke anak bukit kecil yang letaknya lebih tinggi dari sekeillingnya.

Ibnu Abbas pun melanjutkan ceritanya bahwa pada saat itulah keduanya meninggikan pondasi Baitullah. Ismail mengangkat batu, sedang Ibrahim memasangnya. Ketika bangunan itu sudah tinggi, dia meletakkan sebongkah batu untuk dijadikan pijakannya. Ibrahim berdiri di atasnya sambil memasang batu, sementara Ismail menyodorkan batu-batu kepadanya. Keduanya pun berdoa, “…Ya Tuhan kami, terimalah dari kami (amalan kami). Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 127)

Ibnu Abbas meneruskan, bahwa keduanya terus membangun hingga menyelesaikan seluruh bangunan Baitullah. Keduanya berdoa, “…Ya Tuhan kami, terimalah dari kami (amalan kami). Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 127). []

Hajar, Ibrahim dan Ismail (Bagian 1)

Hajar, Ibrahim dan Ismail (Bagian 2)

Hajar, Ibrahim dan Ismail (Bagian 3)

Hajar, Ibrahim dan Ismail (Bagian 4)

Sumber: Kisah-kisah Shahih dalam Al-Qur’an dan Sunnah/ Penulis: Dr. Umar Sulaiman Al-Asyqor/ Tim Pustaka ELBA

Artikel Terkait :

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline