Jalan Sirah
Meniti Jalan Nabi

Hai Adam, Tetangga Seperti Apakah Aku Ini Bagimu?

Nafsu dan bisikan setan adalah musuh. Maka, ingatlah kembali bagaimana kisah Nabi Adam. Allah menciptakan Nabi Adam dengan tangan-Nya, dan Allah telah menghembuskan dari ruh-Nya kedalam tubuh Nabi Adam. Ia dibawa ke surga dengan kawalan dari para malaikat.

Nabi Adam tidak pernah melakukan dosa, kecuali satu yaitu memakan buah larangan. Karena dosa itu, Nabi Adam dan Istrinya (Hawa) diturunkan dari surga ke suatu tempat di bumi. Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah riwayat, Allah bertanya kepada Nabi Adam, “Hai Adam, tetangga seperti apakah Aku ini bagimu?”

Adam menjawab, “Engkau sebaik-baik tetangga, wahai Tuhanku.”

Maka Allah Ta’ala berfirman, “Hai Adam, keluarlah dari sisi-Ku dan tanggalkan mahkokta kemuliaan-Ku dari kepalamu. Sebab, tidak akan bertetangga dengan-Ku orang yang mendurhakai-Ku.”

Sampai pada suatu riwayat yang mengatakan, jika Nabi Adam menangisi dosanya selama dua ratus tahun. Barulah kemudian Allah menerima tobatnya dan mengampuni dosa yang satu itu.

“Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (An-Nisaa: 110)

Begitulah sikap Allah terhadap Nabi dan manusia pilihan-Nya, karena dosa yang diperbuatnya. Adapula salah satu sabda Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam, “Sebaik-baiknya kalian adalah setiap orang yang tergoda dengan perbuatan dosa, tapi kemudian kembali bertobat.” []

Baca juga: Kegembiraan yang Dirasakan Iblis Ketika Adam dan Hawa di Surga

Sumber: Minhajul Abidin, Jalan para ahli ibadah/ Penulis: Imam al-Ghazali/Penebit: Khatulistiwa Press, 2008

 

Artikel Terkait :

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

you're currently offline